Pekanbaru   2023/07/17 15:36 WIB

Distankan Awasi Hewan Masuk Pekanbaru, 'karena Antraks Mulai Menular dengan Cepat'

Distankan Awasi Hewan Masuk Pekanbaru, 'karena Antraks Mulai Menular dengan Cepat'

PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru awasi hewan masuk, karena penyakit menular [Antraks] mulai masuk Pekanbaru.

"Penyakit Antraks mulai menular di Pekanbaru."

"Insyaallah sampai saat ini ternak di Kota Pekanbaru masih aman dari setiap gejala penyakit, seperti PMK, brucellosis, hingga antraks yang baru-baru ini muncul," kata Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru Helandria, pada media, Senin (17/7).

Namun perkiraan Helandria, penyakit Antraks perlu diwaspadai karena baru-baru ini, ada penularan penyakit antraks yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurutnya, penularan penyakit yang disebabkan bakteri berbentuk spora itu disinyalir menular pada hewan seperti sapi. Bahkan dapat menginfeksi manusia hingga berakibat kematian.

Helandria mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan ketat. Terutama terhadap ternak dari luar daerah masuk Kota Pekanbaru.

Hewan-hewan yang diimpor tersebut diwajibkan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan ( SKKH) sebelum masuk ke Kota Pekanbaru.

Pihaknya juga melakukan pengawasan yang ketat terhadap hewan ternak yang mau masuk ke Pekanbaru. Pihaknya memproses keluar masuk hewan ternak sesuai prosedur.

"Kita tetap melakukan tindakan pencegahan, dengan pengawasan yang ketat kepada hewan ternak yang diimpor, sesuai prosedurnya," sebutnya.

Dikatakannya, ternak sapi maupun jenis lainnya di Pekanbaru dari luar saat ini tidak terlalu signifikan. Meski begitu, kepada peternak lokal tetap diimbau berhati-hati dan waspada apabila ada gejala penyakit pada hewan ternaknya.

Selain itu, Hendra menilai arus ternak ke Kota Pekanbaru tidak banyak. Bahkan, kalaupun ada ternak yang masuk, itu puncaknya pada Hari Raya Iduladha.

"Kita mudah-mudahan tetap aman. Karena saat ini juga arus ternak kita tidak banyak. Biasanya kita mendatangkan ternak dari luar daerah itu, puncaknya pada hari Iduladha kemarin," ungkapnya. (*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : penyakit antraks, distankan awasi penyakit menular, hewan ternak, hewan ternak masuk pekanbaru, waspada penyakit antraks ,