Kuniler   2021/01/09 14:41 WIB

Ditengah Pandemi, Ini Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ditengah Pandemi, Ini Makanan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

IMUNITAS tubuh yang kuat sangat dibutuhkan di tengah pandemi virus Corona. Berikut makanan peningkat imunitas tubuh yang baik dikonsumsi rutin. Pandemi Covid-19 yang akhir-akhir ini kian meluas menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat. Virus Corona dengan penyebaran yang begitu masif harus dilawan dengan imun yang kuat.

Menjaga imunitas bukan hanya tentang minum vitamin setiap hari, melainkan juga dengan bantuan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Virus Corona dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh. Terlihat dari tingginya angka kematian akibat virus ini. Beberapa bahan makanan dikatakan memiliki kandungan yang baik untuk tingkatkan imunitas dan melawan virus.

Dilansir dari Eat This, Not That! (5/1), berikut ini 7 makanan peningkat imunitas tubuh untuk hadapi pandemi virus Corona:

1. Jahe
Jahe meningkatkan aktivitas antiviral dan antiinflamasi dalam tubuh. Jahe bisa dipakai sebagai bumbu masakan atau diracik jadi minuman kesehatan.

Manfaat jahe segar akan lebih efektif dan ampuh dibandingkan dengan jahe yang sudah menjadi bubuk. Bahkan, jahe juga dikatakan baik untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Bawang Bombay
Bawang bombay mengandung nutrisi yang hampir serupa dengan apel. Keduanya sama-sama memiliki flavonoid peningkat imunitas tubuh bernama quercetin.

Bawang bombay juga memiliki sifat yang dapat meningkatkan kesehatan, anti bakteri, anti virus, anti alergi, anti kanker dan anti inflamasi.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya mungkin lebih dikenal dengan manfaatnya untuk kulit, tetapi menurut penelitian terbaru, lidah buaya juga memiliki manfaat yang mendukung kekebalan tubuh berkat sifat antivirus dan antibakterinya.

Lidah buaya biasanya disajikan sebagai jelly atau jus. Tetapi, lidah buaya tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil dan anak-anak di bawah lima tahun.

4. Jamur
Jamur yang punya manfaat medis seperti chaga, reishi, shiitake, maitake dan jenis jamur lainnya mengandung polisakarida yang kuat. Kandungan kimia alami pada jamur ini biasa disebut beta-glucans.

Polisakarida ditemukan memiliki manfaat untuk membantu melawan peradangan dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya jamur juga termasuk makanan peningkat imunitas tubuh.

5. Oatmeal
Serupa dengan jamur, gandum mengandung beta-glucans yaitu bahan nabati yang ampuh menjaga kesehatan. Terutama pada jenis gandum utuh, beta glucans akan ditemukan secara alami lebih banyak.

Salah satu gandum utuh yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah oatmeal. Oatmeal bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau bahkan camilan tengah malam.

6. Coklat
Beberapa coklat dikatakan mengandung tinggi kalori dan berbahaya bagi kesehatan terutama pada peningkatan berat badan. Tetapi biji kakao mengandung fitokimia yang baik untuk kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji kakao sebagai bahan utama pembuatan coklat memiliki manfaat anti-inflamasi dan mampu meningkatkan kekebalan adaptif dan usus. Konsumsi bubuk kakao tanpa tambahan gula agar tetap mendapatkan manfaat kesehatannya.

7. Daun Bawang
Makanan peningkat imunitas tubuh selanjutnya adalah daun bawang. Sayuran ini mengandung allicin. Allicin merupakan senyawa antimikroba yang berfungsi untuk melawan peradangan.

Allicin juga ditemukan dalam bawang merah dan bawang putih. Manfaat lainnya bahkan ditemukan bahwa daun bawang juga merupakan sumber prebiotik yang sehat untuk usus. 

Tags : Ditengah Pandemi, Makanan Meningkatkan Imunitas Tubuh,