Rokan Hulu   2021/08/26 11:15 WIB

DPMPD Rohul Siapkan Rumah Isolasi Warga Positif Covid-19 Tiap Desa

DPMPD Rohul Siapkan Rumah Isolasi Warga Positif Covid-19 Tiap Desa

PASIR PANGARAIAN- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menyatakan seluruh desa/kelurahan di Rokan Hulu (Rohul), sudah siapkan rumah isolasi bagi warga yang terkonformasi Covid-19.

"Dengan adanya intruksi Mendagri, 139 desa dan 6 kelurahan di Rohul sudah menyiapkan rumah isolasi bagi warga yang terkonfirmasi dan yang menjalani isolasi mandiri yang bergejala ringan serta sedang," sebut Kepala DPMPD Rohul Margono melalui Sekretaris DPMPD Prasetyo, Rabu (25/8).

Prasetyo mengakui, sesuai intruksi Mendagri Nomor 3 tahun 202, tentang pemberlakuan PPKM berbasis Mikro dan pembentukan posko penanganan Covid 19 di tingkat desa/kelurahan. Dengan setiap desa menyiapkan rumah isolasi bagi warga terkonformasi Covid yang isoman, kini semuanya sudah terealisasi. Sehingga masyarakat yang terkonformasi gejala ringan dan sedang tidak perlu ke RS lagi dan mereka menjalani isoman di rumah yang sudah disiapkan.

Pemerintah desa, kata Prasetyo, dengan adanya intruksi Mendagri Pemerintah Desa bisa menganggarkan 8 persen dari Dana Desa (DD) untuk anggaran PPKM Mikro. "Bisa untuk anggaran baik obat obatan, juga pangan yang isoman serta untuk sarana 3M dan juga dana sosialisasi pencegahan," ungkap Prasetyo. (*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, DPMPD Rohul, Rumah Isolasi Warga Positif Covid-19,