Artikel   2024/03/08 18:34 WIB

Dr Kamsol Didukung Jadi Calon Gubernur Riau, 'Karena Lepas dari Gemblengan Keras yang Terdidik dan Terlatih'

Dr Kamsol Didukung Jadi Calon Gubernur Riau, 'Karena Lepas dari Gemblengan Keras yang Terdidik dan Terlatih'
Dr. Drs. H. Kamsol MM, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Setdaprov Riau.

DR DRS H KAMSOL MM, diketahui merupakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Setdaprov Riau, selain diketahui memiliki andil dalam memajukan pendidikan di Riau.

Meski Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) masih beberapa bulan lagi, tapi berbagai nama yang dinilai layak mencalonkan diri mulai bermunculan ke publik.

Untuk jabatan Gubernur Riau sendiri, sementara ini sudah ada nama nama besar yang muncul kepermukaan, salah satunya diantara itu adalah Dr Kamsol.

Belakangan, muncul nama Dr Kamsol yang tidak asing lagi di telinga warga Riau. Ia mendapat dukungan dari Organisasi Markas Daerah Laskar Merah Putih [Mada LMP] Riau.

Di daerah nyiur melambai, yang memiliki hasil minyak bumi dan kelapa sawit ini, agaknya nama Kamsol setidaknya memiliki pengaruh besar ditengah masyarakat bumi Lancang Kuning.

Secara persentase adalah namanya dikenal diantara provinsi lainnya di Indonesia.

Kamsol disebut-sebut sebagai kandidat bakal calon Gubernur Riau yang akan diusung oleh partai Golkar, yang mana menurut hitungan cepat (QC saat ini) partai yang dikomandani oleh politisi handal dibawah pimpinan Airlangga Hartarto ini telah mengantongi minimal 7 Kursi di DPRD Riau bahkan mungkin saja partai ini bisa mendapatkan 8 kursi pada perhitungan terakhir KPU Riau.

Jika saja partai Golkar mengusung Kamsol yang juga adalah kadernya sendiri sebagai balon Gubernur Riau, maka Ia bisa melaju ke Pilkada Riau 1 dapat terwujud.

Hitungan itu belum ditambah dengan partai lain jika menyatakan minatnya mendukung Kamsol.

Jika hitung-hitungan tersebut terealisasi, maka dapat dipastikan konstelasi politik Calon Gubernur Riau akan berubah serta menjadi menarik untuk dicermati.

Dengan munculnya nama Kamsol sebagai kandidat dalam pilkada nanti, maka sudah pasti akan menjadi perbicangan hangat masyarakat Riau.

Lantas, siapa sebenarnya Dr Kamsol?

Kamsol adalah putra Dabo Singkep, Kabupaten Daik Lingga, Provinsi Kepulauan Riau yang memulai karir dari pendidikan yang mumpuni.

Dr Kamsol pernah menjabat sebagai Sekda Kepulauan Meranti dan Pj Bupati Kampar yang merupakan seorang doktor ilmu pendidikan.

Kamsol adalah seorang birokrat Indonesia. Ia sempat menjabat sebagai Sekertaris Daerah Kabupatan Kepulauan Meranti. Kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Riau. Pada 2022, ia menjabat sebagai pelaksana tugas Bupati Kampar.

Ia juga pernah menduduki Jabatan di Kementerian Ristek RI dan Sebagai Analis Perencana Evaluasi dan Pelaporan pada Sub Bagian Perencanaan Program Sekretariat Badan Pendapatan Provinsi Riau.

Kamsol mengawali kariernya sebagai profesional dibidang pendidikan, itu sebabnya Ia tercatat sebagai pejabat karir yang juga punya catatan karir di bidang lain di Riau.

Kamsol juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial, juga dikenal memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Syamsuar [mantan Gubernur Riau].

Hal tersebut terjalin sejak Kamsol dan sahabatnya itu mengusulkan satu program untuk memenangkan dalam Pilgub yang lalu.

Karena program program tersebut diterima oleh Syamsuar untuk dibahas, maka Kamsol dilibatkan kedalam tim perumus Dewan Pakar Tim Kemenangan pasangan Syamsuar-Edy Natar Nasution untuk bersama menuntaskan program tersebut.

Kamsol sendiri saat duduk ngopi di kedai kopi aceh dibilangan jalan Paus Pekanbaru tidak menjelaskan kalau dirinya didukung untuk maju sebagai balon Gubri, tetapi Ia hanya menyampaikan dihadapan riaupagi.com akan 'menguningkan' Riau di tahun 2024 belum lama ini.

Tetapi kembali soal kabar tentang akan dicalonkannya Kamsol dari beberapa partai untuk menjadi kandidat calon Gubernur Riau mendapat dukungan dari tokoh pemuda Riau yang juga dari Markas Daerah Laskar Merah Putih [Mada LMP] Riau.

Menurut Ketua Mada LMP Riau, Usamah Khan ST MT, Kamsol telah banyak memberi diri untuk membangun citra Riau melalui karir yang dibangun dan dimilikinya. 

“Saat saya menjadi Ketua Mada LMP Riau, Pak Prabowo sudah mengenal Kamsol, karena sewaktu Pak Prabowo Subianto ikut konvensi Partai Golkar,” kenang Usamah Khan.

Sampai saat ini, Kamsol masih sama dengan pribadi yang dia kenal bertahun-tahun lalu.

“Dr Kamsol adalah pribadi yang sederhana, apa adanya dan rendah hati. Tetapi di satu sisi, sangat tegas, berwibawa dan disiplin. Sosok yang diperlukan untuk membangun kemajemukan di Kota Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya,” kata Usamah.

Jadi dengan adanya kehadiran wajah baru diantara wajah lama dalam konstetasi Pilkada Riau akhir tahun 2024 ini, akan menjadi obrolan yang menarik di rumah, di pasar dan di warung-warung kopi. (*)

Tags : Dr Kamsol, Calon Gubernur Riau, Kamsol Didukung Jadi Cagubri, Organisasi Mada LMP Riau Usamah Khan, Organisasi LMP Dukung Kamsol Cagubri, Kamsol Penuh dengan Karir, Artikel,