Headline Pekanbaru   2024/03/08 17:12 WIB

Pemko Verifikasi Data Warga, 'untuk Diberikan Bantuan Rumah Layak Huni Tahun 2024'

Pemko Verifikasi Data Warga, 'untuk Diberikan Bantuan Rumah Layak Huni Tahun 2024'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah kini tengah melakukan verifikasi data warga yang akan menerima bantuan Rumah Layak Huni (RLH) di Kota Pekanbaru, Riau, untuk tahun 2024.

"Warga di data untuk sebagai penerima bantuan rumah layak huni tahun 2024."

"Jadi totalnya ada 68 unit RLH yang akan dibangun tahun ini menggunakan Bankeu Pemprov Riau, APBD Pekanbaru dan DAK. Sekarang prosesnya masih verifikasi penerima," kata Kepala Dinas Perkim Kota Pekanbaru Mardiansyah, Kamis (7/3).

Mardiansyah menjelaskan bahwa setidaknya akan ada 68 RLH yang akan dibangun tahun ini menggunakan Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau (Bankeu Pemprov Riau), APBD Pekanbaru 2024, dan DAK.

Ia merincikan jatah RLH yang akan dibangun menggunakan Bankeu Pemprov Riau ada sekitar 15 unit.

Sedangkan dari APBD Pekanbaru akan dibangun 23 unit RLH dan 30 unit menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ditargetkan, kata dia, pembangunan 68 RLH dengan tipe 36 tersebut telah dimulai pada triwulan ketiga tahun 2024.

"Tapi tetap kita upayakan lebih cepat. Karena untuk pembangunan kan tidak begitu lama, sekitar dua bulan selesai. Tipenya tipe 36, anggarannya 1 rumah sekitar Rp50 sampai Rp80 juta," terang Mardiansyah.

Lebih jauh disampaikannya, penerima bantuan RLH sendiri sesuai usulan dari warga yang diajukan ke Dinas Perkim pada 2023 lalu.

“Database nya sudah ada sama kita, sesuai usulan masyarakat tempatan. Tapi perlu kita verifikasi lagi. Itulah yang sekarang kita verifikasi untuk kemudian dilakukan pembangunan," tutupnya. (rp.elf/*). 

Editor: Elfi Yandera

Tags : rumah layak huni, pemko pekanbaru, warga di data penerima rlh, rmahlayak huni, pemko verifikasi warga, bantuan rlh 2024,