Politik   2023/10/11 10:7 WIB

Dua Anggota DPRD Riau dari Fraksi Golkar di PAW, 'karena Pindah Partai dan Meninggal Dunia'

Dua Anggota DPRD Riau dari Fraksi Golkar di PAW, 'karena Pindah Partai dan Meninggal Dunia'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dua anggota DPRD Riau dari fraksi Golkar di dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) karena pindah partai.

"Dua anggota DPRD Riau dari Fraksi Golkar di PAW."

"Sulastri dan Amyurlis alias Ucok akan diganti dalam Pergantian Antar Waktu (PAW), saat ini sudah diproses oleh Kemendagri," kata Ketua DPD I Golkar Riau sekaligus Gubernur Riau, Syamsuar, Jumat (6/10).

Sulastri di PAW karena ia pindah ke partai Demokrat untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 sebagai bacaleg DPR RI. Sedangkan Amyurlis alias Ucok di-PAW lantaran meninggal dunia beberapa waktu lalu.

"Proses PAW Sulastri dan Ucok telah berada di Kemendagri."

Syamsuar berharap proses di Kemendagri tidak membutuhkan waktu lama dan pengganti mereka bisa segera meneruskan tanggung jawab sebagai anggota DPRD Riau di sisa masa jabatan 2019-2024.

"Namun saya yakin dalam bulan ini Mendagri sudah mengeluarkan SK pemberhentian dan pengangkatan anggota fraksi Golkar," ujarnya.

Sementara itu Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Riau, Karmila Sari, mengungkapkan hingga saat ini Sulastri belum mengundurkan diri meski sudah pindah partai dan masih tercatat sebagai anggota DPRD Riau. Sulastri diketahui juga masih menerima hak keuangannya.

"Statusnya anggota DPRD saja, nggak ada fraksi. Sesuai peraturan Kemendagri sah-sah saja," kata Karmila.

Namun, lanjut Karmila, hak keuangan Sulastri itu akan dihentikan jika namanya telah ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) caleg DPR RI oleh KPU.

"4 November (hari pengumuman DCT) hak keuangannya akan selesai sebagai anggota DPRD Riau," sebutnya. (*) 

Tags : pergantian antar waktu, dua anggota dprd riau di paw, dua anggaota fraksi golkar di paw, pindah partai di paw,