News Kota   2023/03/06 16:40 WIB

Dua Organisasi Perangkat Daerah Kebut Kegiatan Proyek Awal Tahun Anggaran 2023

Dua Organisasi Perangkat Daerah Kebut Kegiatan Proyek Awal Tahun Anggaran 2023

PEKANBARU - Dua organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kebut kegiatan proyek awal tahun anggaran 2023 yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Memasuki Februari 2023, dua OPD kebut kegiatan proyek."

"Kinerja OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru pada tahun ini diharapkan bisa meningkat. Sehingga penyerapan anggaran menjadi maksimal, di mana kedua OPD yang menjadi perhatian yakni Diskes dan Disdik Pekanbaru," kata anggota Komisi IV DPRD, Roni Pasla, Senin (6/3/2023).

Dua OPD ini seperti, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pekanbaru. Tetapi Roni Pasla meminta OPD yang menjadi mitra kerja Komisi IV untuk melaksanakan kegiatan di awal tahun anggaran. Karena selama ini pelaksanaan kegiatan selalu dikebut, terkesan kejar tayang akhir tahun anggaran.

Untuk Diskes, kata Roni meminta segera menuntaskan pendataan masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS. Sebab untuk peserta BPJS dari masyarakat kurang mampu, menjadi tanggungjawab pemerintah untuk mengakomodir pelayanan.

"Kita minta OPD bergerak cepat. Karena banyak hal yang dibutuhkan masyarakat yang terlayani dengan baik. Untuk Diskes, kalau bisa jalan santai sekarang, harus sudah berlari. Seperti halnya mendata masyarakat yang belum masuk ke BPJS. Karena kalau kita ulur-ulur lagi akan berdampak kepada pelayanan kesehatan," ujarnya.

Untuk tahun 2023, Diskes Pekanbaru mendapatkan jatah anggaran sebesar Rp285 miliar, dengan program unggulan yakni pelayanan berobat gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Sedangkan Disdik Pekanbaru mendapatkan jatah anggaran sebesar Rp659 miliar. Dengan program unggulannya yakni pembangunan dua unit sekolah baru. (rp.sul/*)

Tags : organisasi perangkat daerah, opd di pekanbaru, dua opd kebut proyek, kegiatan proyek tahun 2023, news kota,