Csr   2022/04/30 21:36 WIB

Dukung Kemajuan Desa, PT Musim Mas Salurkan Mesin Tempel ke Nelayan Pelalawan

Dukung Kemajuan Desa, PT Musim Mas Salurkan Mesin Tempel ke Nelayan Pelalawan
PT Musim Mas (MM) menyalurkan lima unit perahu mesin tempel ke beberapa nelayan Desa Tanjung Beringin, Jumat (29/4/2022).

PT MUSIM MAS menyalurkan lima unit perahu mesin tempel ke beberapa nelayan Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Riau.

"Bantuan itu merupakan salah satu bentuk perhatian perusahaan perkebunan sawit dalam mendukung kemajuan desa maupun masyarakat setempat."

"Bantuan ini sangat membantu nelayan untuk melakukan aktivitas, dengan bantuan mesin ini semoga nelayan cari nafkahnya lebih semangat lagi. Tapi semoga tidak hanya di sini, tapi juga bagi kelompok lainnya," kata Manager Humas PT Musim Mas, Malinton Purba didampingi Askep Humas Wendy Bachri kepada para nelayan disaksikan oleh Ketua BPD Desa Talau, Arisman, Jumat (29/4/2022) kemarin.

"Sebelumnya Musim Mas melaksanakan kegiatan safari Ramadan juga menyalurkan bantuan 700 paket sembako, pada selanjutnya menyalurkan 5 perahu mesin kepada nelayan.

"Bantuan ini bertujuan untuk membangkitkan gairah perekonomian para nelayan yang terhimpit oleh pandemi Covid-19. Apalagi sejumlah masyarakat di Desa Talau berprofesi sebagai nelayan perlu kita bantu," kata Malinton Purba lagi.

Bantuan 5 unit perahu kayu diserahkan langsung kepada para nelayan disaksikan oleh Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Desa Talau, Arisman.

Usai penyerahan perahu mesin tempel, Malinton mengatakan bantuan perahu itu merupakan salah satu penyaluran Coorporate Sosial Responsiblity (CSR). Dia berharap bantuan ini bisa mendukung pengembangan dan membangkitkan ekonomi dan kesejahteraan nelayan Desa Tanjung Beringin.

"Kami berharap ini dapat dimanfaatkan optimal dan terus dipelihara sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan," ujarnya.

Ketua BPD, Arisman mengatakan PT Musim Mas menyerahkan bantuan lima unit mesin tempel 9,8 PK kepada anggota kelompok mereka.  

"Bantuan ini diserahkan kepada anggota yang memang membutuhkan. Seperti anggota yang mesinnya sudah rusak, jadi tidak was-was perahu akan rusak. Jarak tangkapannya juga bisa lebih jauh dengan biaya operasional yang lebih sedikit, sebab menggunakan mesin ini lebih irit BBM," ujarnya. 

Sementara itu, salah satu nelayan penerima bantuan mengaku tak menyangka akan mendapatkan bantuan mesin tempel dari PT Musim Mas ini. Baginya Lebaran tahun ini terasa lebih bahagia. Sebab, akan lebih tenang dan nyaman saat mencari rezeki karena mesinnya sudah baru dan sesuai kebutuhan.  

"Senang lah bersyukur sekali, karena memang butuh. Terima kasih PT Musim Mas sudah bantu saya. Nanti setelah lebaran ke laut sudah pakai mesin baru, jadi tidak was-was lagi takut kapal rusak dan bisa lebih jauh lagi cari ikan," ucapnya.

Kepala Desa Tanjung Beringin, Syafri menyampaikan terima kasih kepada PT Musim Mas. Dia juga mengapresiasi PT Musim Mas yang telah membantu kelompok nelayan yang ada di desanya.  

“Bantuan sarana dan prasarana seperti ini memang dibutuhkan karena dapat membantu masyarakat secara langsung dan tepat sasaran,” tuturnya.

Ilustrasi

Ke depan, ia berharap PT Musim Mas dapat terus berkolaborasi dengan masyarakat dan stakeholder untuk bersama membangun Desa Tanjung Beringin dalam berbagai apsek seperti kesehatan dan lainnya.

"Selama ini PT Musim Mas sangat peduli kepada masyarakat di lingkungannya. Hari ini perusahaan telah membantu alat transportasi untuk mencari ikan, di mana perahu ini merupakan sarana transportasi vital bagi nelayan untuk mencari ikan sehingga dapat meningkatkan ekonomi nelayan di Desa Tanjung Beringin," diakuinya. (*)

Tags : Desa Tanjung Beringin Pelalawan, PT Musim Mas Dukung Kemajuan Desa, PT Musim Mas Salurkan Mesin Tempel ke Nelayan, Pelalawan, CSR,