Internasional   2022/01/06 13:52 WIB

Gadis 17 Tahun Bunuh Diri jadi Korban Pemerasan di Mesir

Gadis 17 Tahun Bunuh Diri jadi Korban Pemerasan di Mesir
Foto Basant Khaled dan isi surat kepada ibunya.

INTERNASIONAL - Dua orang ditangkap di Mesir terkait aksi bunuh diri seorang gadis remaja setelah dia diduga diperas dengan gambar-gambar tidak senonoh yang dimanipulasi secara digital.

Saudara kandung korban bernama Basant Khaled, 17, mengatakan kepada situs berita Youm7 bahwa gambar-gambar palsu dari foto korban yang dicatut telah tersebar luas setelah dia menolak ajakan untuk berkencan dengan seorang pemuda.

Setelah foto itu dilihat oleh teman-temannya, Basant menjadi depresi dan menelan pil beracun, kata saudaranya.

Berita kematiannya memicu kemarahan di media sosial dan para warganet menuntut keadilan.

Tagar berbahasa Arab, yang artinya "Hak-hak Basant Khaled harus dipulihkan" menjadi trending di Twitter.

Banyak warganet memposting gambar surat yang kabarnya ditulis Basant kepada ibunya, saat dia mengutarakan ketidakbersalahannya.

"Bu, aku harap Ibu mengerti bahwa saya bukan gadis seperti itu. Foto-foto ini palsu, saya bersumpah demi Tuhan," tulis surat itu.

"Bu, aku seorang gadis muda dan aku tidak pantas menerima apa yang terjadi padaku. Aku sangat tertekan. Aku tidak tahan lagi dengan ini. Aku lelah. Aku tercekik."

"Kami yakin dia tidak bersalah dan kami mencoba untuk mendukungnya. Tapi dia tidak tahan dengan komentar orang-orang," kata saudaranya.

"Kami tidak akan melepaskan hak Basant. Siapapun yang menyebabkan kematiannya harus dihukum," lanjutnya.

Gambar-gambar palsu itu diduga dibuat menggunakan foto Basant yang dicuri dari ponselnya setelah dia mengklik tautan yang dikirim oleh seorang pemuda yang dia tolak untuk berkencan, ungkap Youm7 mengutip pengacara keluarga tersebut.

Pengacara tersebut mengajukan pengaduan di sebuah kantor polisi di kota Kafr al-Zayat, di provinsi utara Gharbia, yang menyebutkan nama pemuda dan satu orang lainnya yang dusebut Basant terlibat sebelum dia meninggal.

Kementerian dalam negeri mengatakan ayah Basant belum mengajukan pengaduan. Tetapi aparat keamanan telah menahan dua tersangka setelah muncul berita dan laporan media sosial.

Jaksa penuntut umum telah memulai penyelidikan kasus itu terkait tuduhan pemerasan. (*)

Jika Anda, sahabat, atau kerabat memiliki kecenderungan bunuh diri, segera hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas, Rumah Sakit terdekat, atau Halo Kemenkes dengan nomor telepon 1500567. Anda juga dapat mencari informasi mengenai depresi dan kesehatan jiwa pada lamanintothelightid.orgdan Yayasan Pulih pada laman yayasanpulih.org 

Tags : Mesir, Media sosial, Kesehatan mental, Perempuan,