News Daerah   2021/04/06 10:14 WIB

Gajah Liar Rusak dan Injak-injak Kebun Warga di Kuansing

Gajah Liar Rusak dan Injak-injak Kebun Warga di Kuansing

TELUK KUANTAN - Kawanan gajah liar rusak kebun warga di wilaiayah Desa Teratak Rendah, Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Badan Konservasi Sember Daya Alam (BKSDA) Riau menurunkan tiga personilnya untuk menghalau kawanan gajah liar merusak kebun warga ini.

"Personil BKSDA Riau sudah turun ke desa ini. Ada tiga personil. Tapi belum berhasil menghalau gajah," kata kepala Desa (Kades) Teratak Rendah, Nasripan pada media, Senin (5/4).

Selain tim BKSDA, satu personil dari Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) juga diturunkan bersama BKSDA Riau. Pihak kepolisian dan masyarakat juga ikut membantu dalam menghalau kawanan gajah liar. Namun belum berhasil. "Belum berhasil. Tadi malam datang lagi kawanan gajah itu. Ada satu hektare yang dirusak tadi malam," ujarnya.

Warga desa berharap kawanan gajah bisa cepat diusir. Sebab kebun sawit warga sudah banyak yang rusak. Kawanan gajah liar masuk ke kebun warga di Desa tersebut sudah terjadi sejak Rabu malam 31 Maret 2021. Hingga saat ini kawanan gajah masih berkeluaran disekitar kebun warga. Ada sekitar 10 ha lahan sawit warga yang dirusak. Rata-rata sawit didalamnya sudah berusia 4 tahun dan 6 tahun. "Warga disini mengalami kerugian karena kebunnyadirusak gajah," ucapnya. (rp.elf/*)

Tags : BBKSDA Riau, gajah liar, gajah liar rusak kebun warga di Kuansing,