Headline News Kota   2021/04/06 10:37 WIB

Menjelang Ramadhan, Penjualanan Kurma di Pekanbaru Laris Manis

Menjelang Ramadhan, Penjualanan Kurma di Pekanbaru Laris Manis

PEKANBARU - Menjelang Bulan Ramadhan 1442 Hijriah yang sebentar lagi akan tiba, namun, pedagang kurma di pasar-pasar tradisional di Kota Pekanbaru sudah mereguk untung. Omzet penjualan diperkirakan akan semakin menanjak pada saat memasuki puasa.

Irwan, salah seorang pedagang kurma di pasar Sukaramai berujar, saat ini penjualan kurma sudah mulai meningkat. Pembeli masih didominasi oleh pembelian dalam eceran ketimbang partai besar. "Naik lumayan terutama yang kurma yang harganya murah buat dibagi-bagikan. Biasanya hari-hari normal habis 20 kg, sekarang bisa lebih dari 50 kg," kata Irwan, Selasa (6/4).

Dia melanjutkan, saat menjelang atau memasuki bulan Ramadhan, dalam sehari dirinya bisa menjual kurma sebanyak 30-50 karton isi 10 kg kurma setiap dus kartonnya. "Kalau pengalaman tahun lalu bisa jual karton-kartonan. Satu karton ada isi 10 sampai 20 kg. Sehari kalau puasa bisa 50 karton," ujar Irwan.

Kenaikan penjualan juga diamini pedagang lainnya, Ita. Menurutnya, meski masih satu bulan lagi, sudah banyak orang yang mulai mencari panganan yang umum dimakan saat berbuka puasa tersebut. "Naik berapa yah nggak hitung. Tapi sudah mulai banyak orang cari. Pas puasa nanti baru ramai sekali yang cari," katanya yang sepanjang tahun berjualan kurma di Pasar Lima Puluh, Pekanbaru. 

Tampak kelihatan pedagang kurma kini sedang menata kurma yang akan dijual di gerai penjualan. Jelang bulan Ramadhan ini penjualan kurma mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Adapun peningkatan penjualan diperkirakan hingga 120 persen. (rp.jon/*)
 

Tags : Ramadhan 1442 Hijriyah, Penjualanan Kurma, Pekanbaru ,