Riau   2024/01/22 8:37 WIB

Gubernur Edy Natar Nasution akan Kumpulkan Perusahaan Kebun Sawit, 'untuk Atasi Konflik Agraria yang Terus Meningkat'

Gubernur Edy Natar Nasution akan Kumpulkan Perusahaan Kebun Sawit, 'untuk Atasi Konflik Agraria yang Terus Meningkat'
Gubernur Riau Edy Natar Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution, berinisiatif menggelar pertemuan besar dengan pengusaha perkebunan kelapa sawit, bupati, walikota, Forkopimda, Lembaga Adat, Badan Pertanahan, dan pemangku kepentingan lainnya.

"Perusahaan kebun sawit diminta untuk hadiri undangan Gubri."

"Ini adalah ide saya untuk merespons banyaknya konflik lahan antara perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan masyarakat di sekitar area operasional," kata Gubernur Riau Edy Nasution, Minggu (21/1/2024).

"Tujuan dari pertemuan dijadwalkan pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 09.00 WIB di Ruang Rapat Melati nanti adalah untuk menemukan solusi yang adil sehingga hak-hak masyarakat dapat terpenuhi dan perusahaan dapat beroperasi dengan nyaman,"sambungnya.

Tujuan utama pertemuan ini adalah menanggulangi masalah konflik lahan yang melibatkan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan masyarakat setempat.

Gubri menegaskan niatnya untuk mencari solusi win-win guna mengatasi konflik agraria yang terus meningkat.

Edy Nasution berharap kehadiran semua pemangku kepentingan, termasuk bupati, walikota, Forkopimda, perusahaan, dan stakeholder lainnya, dalam pertemuan tersebut.

Ia ingin membahas konflik lahan yang dilaporkan masyarakat dan mencapai keputusan yang adil.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Riau menerima laporan mengenai konflik antara perusahaan perkebunan kelapa sawit dan masyarakat.

Laporan tersebut direspon dengan pembentukan tim khusus Satgas Terpadu Internal untuk menyelidiki dugaan pelanggaran hukum PT SIR terkait perolehan HGU mereka.

Pertemuan Rabu depan merupakan upaya pertama Gubernur Riau dalam menyelesaikan konflik lahan.

Ia berharap semua pemangku kepentingan turut serta demi penyelesaian masalah konflik lahan antara perusahaan dan masyarakat dengan cara yang saling menguntungkan. (*)

Tags : Gubernur Riau Edy Natar Nasution, gubri kumpulkan perusahaan kebun sawit, konflik agraria di Riau Meningkat,