Headline Pekanbaru   2024/01/22 8:13 WIB

Pengungsi Banjir Rumbai Mulai Kembali ke Pemukiman, Legislatif: Tetap Difasilitasi dan Dibantu Pendanaan

Pengungsi Banjir Rumbai Mulai Kembali ke Pemukiman, Legislatif: Tetap Difasilitasi dan Dibantu Pendanaan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pengungsi banjir Rumbai, Pekanbaru sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, sebab saat ini kondisi air Sungai Siak sudah surut.

"Pengungsi banjir Rumbai mulai kembali ke pemukimanmasing-masing."

"Yang pertama tentu kita bersyukur kondisi warga Rumbai yang beberapa hari yang lalu terdampak banjir dan harus mengungsi sekarang sudah dibolehkan pulang," kata Aidil Amri, Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Minggu (21/1).

"Kita tetap imbau tetap waspada takut nanti ada banjir susulan atau tingginya curah hujan membuat rumah masyarakat kembali terdampak banjir. Maka mereka harus dibantu dapatkan bantuan dana banjir," sambungnya.

Dia berharap masyarakat diharapkan tetap waspada dan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru diminta untuk tetap standby. Terutama untuk peralatan seperti perahu karet, tenda dan lainnya. Ini khawatir akan adanya banjir susulan.

BPBD Pekanbaru dan Provinsi, diminta tetap siaga meski sudah banyak warga bisa pulang ke rumah. Beberapa peralatan yang penting, seperti perahu dan lainnya, tetap di standby saja di titik-titik yang rawan banjir.

"Kami berharap tidak hanya di Witayu, tapi di lokasi lainnya di Kelurahan Sri Meranti dan Meranti Pandak, banjir segera surut juga. Sehingga semua warga bisa pulang ke rumah masing-masing," pintanya lagi.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Pekanbaru, Suhendri mengakui, bahwa warga korban banjir di Rumbai, memang sudah bisa pulang ke rumahnya, karena banjir sudah berangsur surut.

Diakuinya, beberapa tenda pengungsi, khusus di Perumahan Witayu memang masih ada yang menggunakannya. Namun ketinggian air di lokasi itu sudah jauh surut.

"Tapi kita tetap siaga untuk penanggulangan banjir ini. Apalagi masih ada potensi untuk banjir lagi. Kita terus siaga di lokasi. Bahkan tidak semua peralatan kita tarik," tegasnya.

Sementara Camat Rumbai, Vemi Herliza memastikan bahwa tidak ada lagi warga yang mengungsi ke tenda pengungsian akibat banjir.

Warga di empat kelurahan, yaitu Sri Meranti, Meranti Pandak, Palas, dan Umban Sari, kini telah kembali ke rumah masing-masing setelah terdampak banjir.

Vemi Herliza menjelaskan bahwa meski ketinggian air sudah jauh berkurang, masih ada beberapa daerah di Rumbai yang tergenang, meski tidak terlalu tinggi.

"Warga di Perumahan Witayu yang sebelumnya mengungsi di tenda pengungsian, saat ini sudah kembali ke rumahnya masing-masing," ujar Vemi Herliza pada Sabtu (20/1/2024) kemarin..

Terkait bantuan, Kecamatan Rumbai telah melakukan pendataan warga yang terdampak banjir, dengan mengumpulkan data untuk pengajuan bantuan.

"Ada sekitar 2.263 orang yang sudah terkumpul berdasarkan NIK yang nantinya akan diajukan untuk mendapatkan bantuan," tambahnya.

Vemi menegaskan pentingnya mengajukan bantuan untuk warga terdampak, termasuk bantuan cadangan pangan.

Sebelumnya, banjir melanda beberapa wilayah di Kota Bertuah, memaksa warga mengungsi, terutama di Perumahan Witayu, Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai Pekanbaru, yang menghadapi ketinggian air cukup tinggi. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : banjir, pengungsi banjir rumbai, pekanbaru, pengungsi mulai kembali ke rumah, pengungsi banjir perlu dapat bantuan banjir,