Headline Rokan Hilir   2024/01/26 9:50 WIB

Gubernur Edy Natar Nasution Hadir Ditengah Masyarakat Rohil, 'Kerahkan Sejumlah Bantuan untuk Korban Hantaman Banjir'

Gubernur Edy Natar Nasution Hadir Ditengah Masyarakat Rohil, 'Kerahkan Sejumlah Bantuan untuk Korban Hantaman Banjir'
Gubernur Riau Edy Natar Nasution bersama Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP MS.i beri bantuan masyarakat terdampak banjir di Desa Karya Mukti 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau Edy Natar Nasution hadir di tengah masyarakat Rokan Hilir (Rohil) yang terdampak bencana banjir.

"Gubernur Edy Natar Nasution hadir ditengah masyarakat."

"Kunjungan ini merupakan langkah Pemprov untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang terdampak banjir," kata Gubri Edy Natar saat berada di Desa Karya Mukti, Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir, Kamis (25/1).

Gubernur Riau yang turut didampingi Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong serta jajaran Forkopimda Rokan Hilir ini turut menyalurkan beberapa bantuan bahan pangan.

"Kita juga menyerahkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sebanyak 10 ton. Kemudian, bantuan paket sembako, mie instan, gula, kopi, dan alat-alat kebutuhan lainnya," kata Gubri.

Sebelumnya, Gubernur Riau Edy Natar Nasution dijadwalkan mengunjungi korban terdampak bencana banjir di Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir, Kamis 25 Januari 2024.

Saat kunjungannya nanti, Gubernur Riau juga akan didampingi Kepala BPBD Provinsi Riau M Edi Afrizal dan Kepala Dinas Sosial Riau Zulfadli.

Dari data yang diperoleh Halloriau.com, untuk Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir, banjir terjadi ada 13 Januari 2024 yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan luapan air sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, M Edi Afrizal menyebutkan untuk Tinggi Muka Air (TMA) berada pada 25 - 50 cm. Dengan 5 desa yang terendam dan 2.603 KK atau sebanyak 9.289 jiwa terdampak.

"Dari data yang diperoleh tanggal 23 Januari, terdapat 5 desa yang terdampak," kata M Edi Afrizal.

Disebutkannya, 5 desa tersebut, diantaranya Kepenghuluan Jumrah dengan 696 KK atau 2.969 jiwa terdampak. Kemudian Kepenghuluan Karya Mukti sebanyak 861 KK atau 2.499 jiwa terdampak.

"Kemudian di Kepenghuluan Pematang Botak sebanyak 325 KK atau 987 jiwa. Di Seremban Jaya sebanyak 715 KK atau 2.810 jiwa dan terakhir di Harapan Jaya sebanyak 6 KK atau 24 jiwa," ungkapnya.

Sementara untuk masyarakat yang mengungsi terdapat 401 KK atau sebanyak 1.604 jiwa. (*)

Tags : gubernur riau edy natar nasution, gubri hadir ditengah masyarakat, rohil, gubri bantu masyarakat, gubri salurkan bantuan korban banjir,