Riau   2021/04/24 16:7 WIB

Gubernur Riau Bersama Danrem 031 WB Susuri Lokasi Banjir, Warga 'Teriak Histeris'

Gubernur Riau Bersama Danrem 031 WB Susuri Lokasi Banjir, Warga 'Teriak Histeris'
Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersama Danrem 031/WB Brigjen TNI Syech Ismed menyusuri lokasi banjir.

Gubernur Riau Syamsuar bersama Danrem 031/WB Brigjen TNI Syech Ismed menumpang perahu karet saat meninjau rumah warga yang terendam banjir akibat luapan Sungai Sail di Pekanbaru.

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru mengakibatkan Sungai Sail meluap dan merendam permukiman warga sehingga puluhan Kepala Keluarga terpaksa mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman. Gubernur Riau Syamsuar bersama Danrem 031/WB Brigjen TNI Syech Ismed menyempatkan diri menumpang perahu karet saat meninjau rumah warga yang terendam banjir akibat luapan Sungai Sail di Pekanbaru, Jumat 23 April 2021.

Menyusuri lokasi banjir pakai perahu, Gubernur Riau ikut evakuasi korban, begini sambutan warga. Warga teriak histeris tak menyangka dikunjungi Gubernur Riau ini. Musibah banjir yang melanda kota Pekanbaru akibah hujan deras yang terjadi selama beberapa hari belakangan ini mendapat perhatian dari Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Gubernur Syamsuar turun langsung ke lokasi banjir untuk melihat langsung korban banjir yang didampingi Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Syech Ismed, Gubernur Riau Syamsuar meninjau lokasi banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Kedatangan Gubri Syamsuar dan Danrem ini pun membuat warga yang menjadi korban banjir berteriak histeris. Sebab mereka tidak menyangka akan dikunjungi oleh orang nomor satu di Riau.

Dalam peninjauan tersebut Gubri Syamsuar tampak berbincang langsung dan mendengarkan keluh kesah warga yang terdampak banjir di Kota Pekanbaru. "Semoga bencana ini segera berakhir, dan masyarakat dapat diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," kata Gubri Syamsuar memberikan semangat kepada korban banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

Gubri Syamsuar dan Danrem juga tampak menyusuri pemukiman warga yang terendam banjir. Bahkan dalam kesempatan itu, Gubri bersama personel TNI ikut mengevakuasi warga di perahu karet yang ditumpanginya. Gubri mengatakan, banjir di Pekanbaru disebabkan intensitas hujan yang meningkat beberapa hari ini lalu. Masyarakat yang berada di Kelurahan Tangkerang Utara, Bukit Raya ini adalah salah satu wilayah yang terdampak banjir di Pekanbaru. "Laporan yang kami terima ada beberapa wilayah di Pekanbaru terdampak bajir," kata Syamsuar.

"Kami sudah menugaskan dinas terkait seperti BPBD dan Dinsos Riau agar selalu berada dan siaga untuk membantu masyarakat yang sementara ini diungsikan di tenda darurat," sebutnya.

Karena masyarakat sudah dievakuasi, lanjut Gubri, saat ini dapur umum juga sudah dibuka petugas untuk menjamin kebutuhan masyarakat terdampak banjir. "Tadi juga saya dan Pak Danrem menyelamatkan seekor kucing yang sering kali terabaikan ketika terjadi bencana," ujar Syamsuar sambil bermohon petugas dapat memperhatikan makhluk lain yang mungkin saja masih terjebak di rumah-rumah. (*)

Tags : Gubri tinjau banjir di Tangkerang Utara, Banjir di Pekanbaru, banjir di Riau, Gubernur Riau, Danrem 031 Wira Bima,