Headline Riau   2022/05/03 14:46 WIB

Gubernur Syamsuar: Idul Fitri Momentum Melepas Kerinduan

Gubernur Syamsuar: Idul Fitri Momentum Melepas Kerinduan
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar M.Si

Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar M.Si menilai Idul Fitri momentum melepas kerinduan.

PEKANBARU - Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah/2020 Masehi, menjadi momentum yang paling indah dan membahagiakan bagi umat muslim di Kota Pekanbaru, Riau.

"Sejak pandemi Covid-19, pemerintah membatasi perayaan Idulfitri sejak dua tahun lalu."

"Tahun 2022 ini, umat muslim di Provinsi Riau, bisa melakukan salat Ied secara berjamaah di sejumlah masjid, lapangan, dan halaman perkantoran. Kendati demikian, harus tetap mematuhi protokol Covid-19," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan salat Ied, di halaman Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Senin (2/5/2022).

Suasana Idulfitri hari ini, masyarakat yang hadir cukup ramai yang datang ke masjid ini. Kemungkinan juga di daerah-daerah lain tempat sholat juga ramai. Karena sudah dua tahun masyarakat tidak bisa melaksanakan ibadah sholat ied seperti ini.

Gubri Syamsuar mengajak umat muslim yang hadir di masjid itu untuk berdoa, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. “Alhamdulillan menurut saya ini momen melepas kerinduan. Dengan dibukanya kesempatan beribadah masyarakat antusias. Dan saya lihat tadi ruas jalan ke sini macet, mungkin tempat lain juga sama,” ungkap Gubri.

Selama bulan Ramadan dan masuknya hari Raya Idulfitri, suasana di Provinsi Riau aman dan terkendali. Dengan dibolehkannya umat beribadah di masjid, banyak dari warga memanfaatkan dengan memakmurkan masjid.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Riau yang senantiasa memelihara situasi kondusif, suasana persaudaraan dan umat islam yang memakmurkan masjid dan musola yang ada di seluruh Riau," sebutnya.

"Kami tahu persis, bahwa begitu banyak antusias masyarakat dalam rangka beribadah di bulan suci Ramadan. Semoga amal ibadah kita ini diterima Allah SWT,” ucap Gubri Syamsuar.

Gubernur Riau, Syamsuar, hadir Masjid Raya Annur tepat pada pulul 07.00 WIB. Ia mengenakan baju melayu teluk belanga berwarna kuning emas. Turut hadir Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution berpakaian baju melayu berwarna hijau.

Bertindak menjadi khatib Solat Ied Fitri di Masjid Raya Annur adalah Ustaz DR H Zulhendri Rais LC MA. Dia merupakan Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Raya Annur. Sedangkan imam salat Ied adalah Ustaz Amin Yono Alhafiz yang merupakan imam utama Masjid Raya Annur.

Usai pelaksanaan Salat Ied, jamaah yang berada dekat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur, tidak ingin melepaskan momen. Masyarakat berebut untuk bersalaman dan berswafoto dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Idul Fitri, Momentum Melepas Kerinduan,