Headline Riau   2020/12/10 21:58 WIB

Gubernur Syamsuar Masih Jalani Perawatan, Belum Isolasi Mandiri

 Gubernur Syamsuar Masih Jalani Perawatan, Belum Isolasi Mandiri
Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi masih jalani Perawatan

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Pekanbaru setelah dikonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (1/12/2020) lalu. Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution sempat mengabarkan bahwa Gubri akan menjalani swab test kedua pada Selasa (8/12/2020) dan jika hasilnya negatif Gubri akan dibawa pulang ke kediaman untuk menjalani isolasi mandiri.

Namun hingga hari ini, hal tersebut masih belum bisa dilakukan. "Kondisi Gubri stabil, tapi hari ini belum bisa (isolasi mandiri)," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 dr Indra Yovi membenarkan didepan wartawan, Kamis (10/12). 

Begitupun pada 6 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga dikonfirmasi positif Covid-19, Yovi mengatakan semuanya dalam kondisi stabil namun belum bisa kembali menjalankan tugas. "Kepala OPD stabil dan semakin membaik," kata dia.

Sepekan lebih dirawat oleh tim dokter

Sebelumnya Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan istrinya Hj Misnarni sepekan lebih dirawat dan kondisinya mulai membaik. Meski kondisi kesehatanya sudah jauh membaik, namun tim dokter yang merawat Gubri Syamsuar dan istrinya belum mengizinkan pulang. Saat ini Gubri Syamsuar dan istrinya masih dirawat dan diisolasi di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru. "Setelah menjalani perawatan di rumah sakit, kondisi Gubri Syamsuar terus membaik. Tetapi memang untuk saat ini tim dokter yang menangani beliau belum memperbolehkannya pulang untuk menjalani isolasi mandiri, dan tentunya hal tersebut ada pertimbangannya juga dari dokternya langsung," kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi.

Saat ini tim dokter akan terus melihat dan memantau kondisi Gubri hingga beberapa hari ke depan. "Dan kita berharap mudah-mudahan Pak Gubernur bisa pulang dan menjalani isolasi mandiri di rumah," sebutnya.

"Untuk memastikan kondisi Pak Gubenur dan ibu bisa menjalani isolasi mandiri di rumah tim dokter yang menangani akan melihat beberapa variabel terlebih dahulu. Jika dari beberapa variabel, disimpulkan penilaian nya tidak ada yang mengkhawatirkan, maka pak gubernur dan istri bisa menjalani isolasi mandiri di rumah," ujarnya.

Sementara saat disinggung terkait kondisi istri Gubri Syamsuar, Hj Misnarni, Yovi mengatakan bahwa kondisi kesehatan Hj Misnarni juga terus membaik. Bahkan jauh lebih baik jika dibandingkan saat pertama kali masuk ke rumah sakit karena Covid-19. "Untuk kondisi ibu (Hj Misnarni) juga baik, bahkan sekarang kondisinya jauh terlihat lebih segar. Sama kita doakan semoga pak gubernur dan ibu (istri Gubri) bisa cepat pulih seperti sediakala," katanya.

Dirawat dalam satu ruangan

Gubri Syamsuar dinyatakan positif Covid-19 setelah melaksanakan pemeriksaan swab Senin 30 November 2020 dan hasilnya baru keluar Selasa 1 Desember 2020. Sementara Hj Misnarni sudah lebih duluan dinyatakan positif Covid-19. Hj Misnarni dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (30/11/2020) bersama dua orang ajudannya.  Saat ini Gubri Syamsuar dan istrinya Hj Misnarni sedang menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit. 

"Pak Gubernur dan istri dirawat disatu ruangan yang sama, karena sama-sama terkonfirmasi positif. Pada beberapa kasus pasien yang satu keluarga memang kita sarankan untuk dirawat disatu ruangan yang sama, supaya bisa saling menguatkan. Karena diruang isolasi itu kalau sendiri cenderung psikologisnya kurang baik jika dibandingkan dengan pasien yang ada temannya," kata Indra Yovi mengungkapkan, Gubri Syamsuar dan istrinya diisolasi disatu ruangan yang sama.

 Meski tidak serentak dinyatakan positif Covid-19, namum petugas medis memutuskan untuk menempatkan Gubri Syamsuar dan istrinya didalam satu ruang isolasi. Tujuanya agar Gubri Syamsuar dan istrinya bisa saling menguatkan sehingga imun tetap terjaga dan bisa sembuh dari Covid-19. Seperti diketahui, Gubernur Riau, Syamsuar dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya merasa kurang enak badan. Kondisi tersebut ia rasakan sesaat setelah selesai menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD Riau 2021 di DPRD Riau, Senin 30 November 2020 kemarin.

"Selesai menghadiri paripurna di DPRD Riau kemarin, pak gubernur mempunyai keluhan nggak enak badan. Jadi kami sarankan swab. Kemudian pak Gubenur sore kemarin langsung melakukan pemeriksaan swab dan hasilnya keluar hari ini, ternyata positif Covid-19," kata Indra Yovi saat menyampaikan keterangan persnya didepan awak media di gedung daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru. 

Awalnya Gubri Syamsuar telah melakukan swab pada Sabtu (28/11/2020) sepulangnya dari kunjungan kerja ke Bali dan Jakarta. Namun hasilnya negatif. "Sepulang dari Jakarta bersama ibu gubernur (Hj Misnarni), pak gubernur dan bu gubernur swab pada Sabtu pagi. Hasil swabnya saat itu Bu (istri) gubernur positif dan pak gubernur negatif," kata Yovi. 

Selain hasil swabnya negatif, saat itu Gubri juga tidak menunjukkan gejala Covid-19. Sehingga Gubri Syamsuar tetap menjalankan aktifitas seperti biasa. Termasuk menghadiri rapat paripurna di DPRD Riau, namun setelah merasa tidak enak badan, Gubri Syamsuar langsung diswab dan hasilnya ternyata positif.

Gubernur Riau, Syamsuar, sebelum dinyatakan positif Virus Corona, sempat menghadiri Rapat Paripurna Pengesahan APBD 2021, Senin malam 30 November 2020. Saat menghadiri Rapat Paripurna Pengesahan APBD 2021 tersebut, Gubernur Syamsuar merasakan dan mengeluh badan tidak enak. "Nah, kemarin sesudah acara di DPRD (Riau), Bapak mengalami keluhan sedikit gak enak badan," kata Yovi.

Gubernur Riau, Syamsuar, dinyatakan terkonfirmasi positif Virus Corona usai menjalani tes swab, usai hadiri rapat paripurna. Usai dinyatakan positif Corona, Gubernur Syamsuar langsung diminta untuk jalani perawatan di Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Pekanbaru. Selain Syamsuar, istrinya, Misnarni sudah terlebih dahulu dinyatakan positif Corona. Diduga Syamsuar tertular dari istrinya Misnarni. Misnarni terpapar saat mengikuti acara digelar Dharma Wanita Provinsi Riau, pekan lalu. "Pemeriksaan swab kemarin sore, keluar hasil hari ini (Selasa, 1 Desember 2020), terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya. (*)

Ia mengatakan kondisi Syamsuar dan istri Gubernur Misnarni saat ini dalam kondisi stabil. Selain itu, keduanya memiliki  keluhan gejala ringan.

"Tadi pagi kita berdiskusi, karena beliau juga mempunyai komorbid dan faktor usia, Bapak dan ibu gubernur kita sarankan untuk melakukan perawatan di rumah sakit. Tepat jam 1 tadi beliau masuk di salah satu rumah sakit," pungkasnya.

Tags : Syamsuar, COVID-19, Riau, Pekanbaru, Gubernur Riau Positif Corona, Gubernur Riau,