Riau   2022/12/02 16:28 WIB

Gubri, Kapolda dan Forkopimda Melepas Peserta Tour de Siak 2022, 'yang Sudah Jadi Event Tahunan'

Gubri, Kapolda dan Forkopimda Melepas Peserta Tour de Siak 2022, 'yang Sudah Jadi Event Tahunan'

Tour de Siak 2022 sudah menjadi event nasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM -  Anggota DPR RI, Syahrul Aidi Ma'azat mengapresiasi suksesnya event Tour de Muara Takus 2022.

"Tour de Siak 2022 sudah jadi event tahunan."

"Mudah-mudahan event ini bisa menjadi event nasional yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun yang akan membangkitkan pariwisata nasional, provinsi dan khususnya kabupaten kampar," kata Syahrul Aidi, Politisi PKS asal Kabupaten Kampar ini, Sabtu (12/11).

Ia berharap event tersebut bisa menjadi events tahunan, seperti halnya Tour de Siak.

Menurutnya, Candi Muara Takus merupakan salah satu monumen sejarah yang cukup tua yang ada di Kabupaten Kampar, yang belum tergali potensinya.

"Mudah-mudahan dengan ini potensi pariwisata kabupaten kampar melalui muara takus dan destinasi-destinasi wisata lainnya, bisa semakin berkembang," ucapnya.

"Dan pada akhirnya, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kabupaten kampar provinsi riau," harap anggota DPR RI Dapil Riau ini.

Ia juga turut mendoakan semoga event Tour de Muara Takus 2022 berkembang lebih baik lagi dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata.

"Selamat dan sukes atas terselenggaranya tour de muara takus 2022 yang dilaksanakan berbagai pihak mulai dari Pemda kampar, provinsi riau, Kemenpar RI bekerjasama dengan pihak Polri dan seluruh jajaran yang ikut berkontribusi dalam terlaksananya tour de muara takus 2022," sebutnya.

"Mudah-mudahan akan lebih besar akan lebih baik dan akan lebih maju lagi," sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar bersama Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau melepas peserta Tour de Muara Takus 2022 dari halaman Mapolda Riau, Sabtu (12/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan, Tour de Muara Takus ini merupakan warming up jelang balapan sepeda Tour de Siak yang akan digelar kedepannnya.

"Ini fun race. Tour de muara takus ini merupakan warming up balap sepeda yang akan dilakukan di tour de siak," kata Gubri.

Agenda ini sendiri mendapat sambutan hangat masyarakat yang antusias mengabadikan moment saat pesepeda melintas.

Sementara itu, Ketua Pengprov ISSI Riau, Syahrial Basri menuturkan, event ini merupakan kategori nasional dan internasional.

"Totalnya ada 350 peserta yang berasal dari 20 provinsi di indonesia dan ada juga dari negara tetangga malaysia berjumlah sembilan peserta," ucap Syahrial.

Untuk saat ini, sebut Syahrial ada dua event balap sepeda berskala internasional yakni Tour de Siak mewakili wilayah pesisir Sungai Siak dan Muara Takus di posisi daratan Kabupaten Kampar.

"Tour de siak berbeda dengan tour de muara takus termasuk pada kategori hobi dan fun," jelasnya.

Artinya, lanjut Syahrial, Tour de Muara Takus ini lebih fokus kepada peningkatan pariwisata dan ekonomi, terutama peningkatan UMKM lokal.

"Semoga kegiatan ini mendatangkan berkah dan income kepada UMKM. Juga bisa membantu pemulihan ekonomi masyarakat riau," pungkasnya.

Rute Tour de Siak diamankan

Tour de Siak 2022 yang sudah jadi event tahunan ini terus dilakukan pemantauan rutin setiap tiga jam sekali. Khususnya di ruas jalan yang dilintasi peserta Tour de Siak, pada 3 hingga 4 Desember 2022.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru terus melakukan pengamanan dimana Pekanbaru menjadi salah satu rute yang akan dilalui peserta Tour de Siak tahun ini.

"Ada beberapa ruas jalan yang dilalui peserta tour untuk etape kedua pada 3 Desember dan etape ketiga pada 4 Desember," kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang.

Untuk etape kedua, lintasannya yakni Siak-Pekanbaru dengan race sepanjang 124 Km. Etape kedua melewati Lubuk Dalam, Kerinci Kanan-Simpang Lago (Pelalawan)-masuk jalan Lintas Timur-masuk Pekanbaru lewat Jalan Harapan Raya-Jalan Sudirman, Pekanbaru dan finish di kantor Gubernur Riau.

Selanjutnya, untuk etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120 Km. Titik start dari simpang Jalan Cut Nyak Dhien menuju Jembatan Siak IV-Bundaran Chevron Rumbai-Jalan Paus Rumbai-Simpang Bingung-Bundaran Jalan Riau-Jalan Soekarno Hatta-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Arifin Achmad-Jalan Sudirman dan finish di Jalan Cut Nyak Dhien Pekanbaru (tiga putaran).

Untuk pengawasan rute tersebut pihak Satpol PP Kota Pekanbaru melakukan pemantauan secara intens di setiap rute.

"Hingga hari H kita memang intens melakukan patroli. Jadi kita setiap tiga jam sekali melakukan patroli. Akan kita lakukan terus hingga hari H," kata Iwan.

Pihaknya kemarin telah turun bersama pihak kepolisian untuk melakukan pengecekan. Dari pengecekan itu, pihaknya memastikan secara keseluruhan ruas jalan yang akan dilalui peserta tour siap.

"Kita sudah sama-sama turun dan sudah mengecek. Hasilnya untuk rute sudah cukup bagus. Hanya mungkin menunggu ada beberapa perbaikan jalan yang sedang dikerjakan. Namun secara keseluruhan sudah bagus," katanya.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga sudah turun melakukan penertiban para pedagang Kaki Lima (PKL), yang berada di sepanjang lintasan Tour de Siak.

"Untuk jalur Jalan Sudirman itu sudah kita patroli rutin. Karena nanti kan ada itu rutenya dari arah Arifin Ahmad menuju Jembatan Siak IV itukan. Itu sudah kita sterilkan dari kemarin," ucapnya.

Iwan pun mengimbau masyarakat agar ikut serta menjaga ketenteraman dan ketertiban Pekanbaru, untuk sukses terselenggaranya Tour de Siak ini.

"Untuk para PKL untuk sementara waktu agar tidak dulu berjualan di sepanjang lintasan Tour de Siak," imbaunya.

Tags : Tour de Siak 2022, Event Tahunan di Riau, Gubri Melepas Peserta Peserta Tour de Siak 2022 ,