Riau   2022/08/26 11:8 WIB

Gubri Syamsuar Dilantik Sebagai Ketua KDEKS yang Disaksikan Wapres RI

Gubri Syamsuar Dilantik Sebagai Ketua KDEKS yang Disaksikan Wapres RI
Gubernur Riau, Drs H. Syamsuar M.Si dilantik sebagai Ketua KDEKS.

Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin resmikan Bank Riau Kepri (BRK) Syariah sekaligus menyaksikan pelantikan Gubri sebagai Ketua KDEKS.

PEKANBARU- Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin telah meresmikan operasional Bank Riau Kepri (BRK) Syariah, Kamis (25/8/2022) di Gedung BRK, tepatnya di Menara Dang Merdu. Dalam sambutannya, ada tiga hal yang ditekankan oleh Wapres RI Ma'aruf Amin terhadap BRK Syariah.

"Untuk BRK Syariah ada tiga hal yang saya tekankan, yang pertama yakni BRK Syariah harus hadir untuk penyokong dan penguat semua sektor ekonomi serta keuangan syariah di wilayah Riau sekaligus keperluan Riau," ucap Wapres Ma'aruf Amin.

Kedua, sambungnya, BRK Syariah harus terus meningkatkan layanan, termasuk juga melakukan penyempurnaan implementasi digitalisasi perbankan.

"Hal itu tidak hanya di kota, sebab saat ini dikeseharian masyarakat daerah juga semakin akrab dengan gaya hidup digital, serta pembenahan kapasitas dan kapabilitas sistim IT juga perlu diperioritaskan," ungkapnya.

Lalu ketiga, ucapnya lagi, BRK Syariah perlu terus menjajaki dan mengembangkan berbagai program potensial guna memperluas pangsa pasar Syariah.

"Dan ada pun potensi besar yang perlu digarab dengan keseriusan antaralain, yaitu pembayaran, penerimaan dan setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji dan sistim menagemen khas bagi institusi pendidikan di daerah yang mencakup sekolah umum, sekolah islam, pesantren serta layanan sistim pembayaran gaji bagi instansi pelayanan Pemda dan juga institusi-institusi lembaga lainnya," ujarnya.

Disamping itu, Wapres RI Ma'aruf Amin juga meminta KDESK Provinsi Riau yang baru dilantik untuk dapat segera bekerja efektif dan berkoordinasi serta berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan yang di pusat maupun daerah, dalam percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah.

Bahkan, Ma'aruf Amin juga menyatakan bahwa pemerintah melalui KNEKS akan terus bersinergi dengan pemerintah Provinsi dalam mendorong berbagai pengembangan program ekonomi dan keuangan syariah yang telah diinisiasi oleh Pemprov Riau dan Kepulauan Riau.

"Terutama keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia pada tahun 2024 sebagai pusat produsen halal terbesar di dunia," ungkapnya.

Disisi lain, pemerintah juga mendukung penuh rencana pengembangan industri halal di wilayah Provinsi Riau beserta Kepulauan Riau. 

Usai meresmikan BRK Syariah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dilantik sebagai Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau, bersempena dengan peresmian Bank Riau Kepri (BRK) dari bank konvensional umum menjadi bank syariah. Turut hadir menyaksikan secara langsung Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin.

Pelantikan itu dilakukan oleh perwakilan Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Ballroom Lantai 4 Menara Dang Merdu, Pekanbaru. 

"Kami meyakini bahwa bapak/ibu sekalian mampu dan sangat mampu melaksanakan apa yang diamanahkan. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala meridhoi ikhitiar kita semua," kata dia.

Pelantikan tersebut berdasarkan keputusan Gubernur Riau nomor 1122/VII/2022 tanggal 12 Juli 2022 tentang pembentukan KDEKS Provinsi Riau dan dalam rangka pelaksanaan fungsi koordinasi antara KNEKS yang diketuai oleh Presiden RI Joko Widodo. KNEKS ini bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Bertindak sebagai Ketua KDEKS Provinsi Riau adalah Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution sebagai Wakil Ketua KDEKS Riau, Sekdaprov Riau SF Hariyanto sebagai Sekretaris KDEKS Riau, dan Saidul Amin sebagai Direktur Eksekutif KDEKS Riau. (*)

Tags : Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin, Wapres Resmikan BRK Syariah, Wapres RI Saksikan Pelantikan Gubri Sebagai Ketua KDEKS,