Riau   2023/08/21 23:23 WIB

Gubri Tinjau Jalan Kubu-Bagansiapiapi, 'Sebagai Urat Nadi Penghubung di Rohil'

Gubri Tinjau Jalan Kubu-Bagansiapiapi, 'Sebagai Urat Nadi Penghubung di Rohil'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COML - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus melakukan perbaikan dan pembangunan infrastruktur Jalan di Provinsi Riau.

"Jalan Kubu-Bagansiapiapi sebagai urat nadi penghubung di Rohil."

"Alhamdulillah kami baru saja meninjau jalan Teluk Piyai yang sedang pengerjaan," kata Gubernur Riau Syamsuar didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, Arief Setiawan dan Kabid Bina Mirga PUPR Riau, Zul Fahmi meninjau pembangunan Jalan Teluk Piyai Kecamatan Kubu menuju Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (21/8).

Selain meninjau ruas Jalan Teluk Piyai Kecamatan Kubu menuju Bagansiapiapi, Gubri juga sekaligus meninjau Jembatan Sei Besi.

Sebelumnya di lintas jalan tersebut ada spot-spot jalan yang terkena banjir tidak berkesudahan, namun saat ini spot banjir tersebut sudah ditimbun.

Kemudian, kedepannya area banjir itu juga perlu ditingkatkan lagi pengawasannya, bahkan Syamsuar sudah memerintahkan camat setempat untuk membuat gorong-gorong di lokasi itu agar tidak banjir lagi.

"Tadi saya juga minta ke Dinas PUPR dan Bina Marga agar itu jadi prioritas dulu agar jalannya bagus," terangnya.

Gubri berharap tidak ada kendala dalam pembangunan ruas Jalan Teluk Piyai Kecamatan Kubu menuju Bagansiapiapi itu.

Menurutnya, Kubu dangan Bagansiapiapi ini sangat dekat. Apalagi warga di sini kalau belanja atau berobat pastinya ke Bagansiapiapi dan membutuhkan akses jalan tersebut.

"Kalau jalan bagus tentunya berpengaruh ke ekonomi. Namun terutama yang penting memudahkan akses jalan masyarakat di sini," ungkap Syamsuar.

Syamsuar  menerangkan, Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa pengerjaan sejumlah ruas jalan di Ria.

Gubernur Riau, Syamsuar juga meninjau Jembatan Sei Besi yang menghubungkan Kota Bagansiapiapi ke Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rohil.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar mengatakan, dirinya pernah melihat dan singgah di jembatan jalan bintang itu. Dimana jembatan tersebut hanya jembatan yang dibuat sementara dengan hamparan plat besi.

"Alhadulillah sekarang telah dibangun dengan permanen beton, dan tahun ini selesai pembangunannya dan bisa difungsikan," kata Syamsuar.

Gubri juga mengharapkan bantuan masyarakat dan petugas untuk mengawal terhadap mobil yang melebihi tonase jalan dan jembatan.

"Kita harapkan petugas dari dinas perhubungan dan aparat dapat membantu, agar jalan dan jembatan bisa lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu, kawal mobil yang melewati jembatan itu, jangan ada yang melebihi tonase," katanya.

Gubernur Riau, Syamsuar menyatakan, kondisi Jalan Lintas Pesisir merupakan urat nadi masyarakat dari Kecamatan Kubu dan Kuba menuju ibukota Kabupaten Rohil, Bagansiapiapi.

Sebelumnya, ada laporan masyarakat terkait kondisi jalan tersebut yang sulit dilewati karena ada beberapa titik yang putus karena banjir, untuk itu Pemprov Riau menimbun jalan tersebut.

"Kami turun di sini melihat kondisi penimbunan jalan ini, karena ada spot-spot yang banjir. Sekarang kita timbun supaya dapat dilewati," kata Syamsuar saat meninjau progres penimbunan jalan.

Lanjut Gubri, Jalan Lintas Pesisir ini merupakan jalan penghubung antara Kecamatan Pekaitan dengan Kecamatan Kubu dan Kuba.

"Dari kubu ke bagansiapiapi sangat dekat ya, apalagi kita tahu kalau mereka belanja atau mereka juga misalnya berobat itu kan ke rumah sakitnya lebih cepat," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Bina Marga PU Riau, Zulfahmi ST menambahkan, penimbunan jalan Lintas Pesisir sepanjang 1,2 kilometer itu bersumber dari dana APBD Riau.

"Ada enam titik lokasi menjadi fokus penimbunan. Kita timbun menggunakan batu padas supaya lebih tahan," pungkasnya. (*)

Tags : gubernur riau syamsuar, gubri tinjau Jalan kubu-bagansiapiapi, jalan penghubung sebagai urat nadi, jalan di rohil,