Headline Riau   2023/08/29 14:42 WIB

Gubri Tutup Event Nasional Pacu Jalur 2023 yang Memperebutkan Piala Bergilir Menparekraf RI

Gubri Tutup Event Nasional Pacu Jalur 2023 yang Memperebutkan Piala Bergilir Menparekraf RI
Festival Pacu Jalur Tradisional

KUANSING, RIAUPAGI.COM - Gubri secara resmi telah menutup event nasional Festival Pacu Jalur (FPJ) 2023 di Teluk Kuantan, yang memperebutkan piala bergilir Menparekraf RI.

Festival Pacu Jalur (FPJ) 2023 di gelanggang Pacu Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau yang berlangsung sejak 23 Agustus kemaren telah berakhir, Minggu (27/8/2023) sore.

Piala bergilir Menparekraf RI kembali direbut jalur asal Kabupaten Inhu yaitu Jalur Tuah Keramat Bukit Embun dari Desa Gumanti, Kecamatan Peranap.

Sebab pada FPJ 2022 lalu, piala bergilir berada di tangan Jalur Tuah Keramat Sialang Soko, yang juga berasal dari Kabupaten Inhu.

Pada partai final FPJ 2023, Minggu sore, Jalur Tuah Keramat Bukit Embun sukses mengalahkan Jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau dari Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Jalur Tuah Keramat Bukit Embun berhasil membawa pulang piala bergilir Menparekraf RI. Sementara Jalur Cakaran Garuda Muda KONI Riau harus puas di peringkat kedua.

Sedangkan posisi ketiga direbut Jalur Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo dari Desa Pulau Jambu, Kecamatan Cerenti, Kuansing setelah berhasil mengalahkan Jalur Bintang Emas Cahaya Intan, dari Desa Tanjung, Kecamatan Hulu Kuantan, Kuansing. Otomatis Bintang Emas Cahaya Intan berada diperingkat ke-4.

Hari terakhir FPJ 2023 di Kuansing juga disaksikan langsung Gubenur Riau, Syamsuar. Malam ini berlangsung acara penutupan FPJ 2023 Kuansing serta pembagian hadiah.

Pada acara penutupan yang dipusatkan di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan ini juga akan tampil penyanyi asal Malaysia, Sultan untuk menghibur masyarakat.

Pada kesempatan Gubernur Riau [Gubri] Syamsuar sangat mengapresiasi kinerja Panitia Pacu Jalur tahun 2023 dan Pemkab Kuansing. Sudah sukses menyelenggarakan salah satu agenda pariwisata nasional ini juga memberikan bonus hadiah bagi pemenang. 

Lima bocah tukang tari terbaik yang berhasil lolos di hari terakhir Festival Pacu Jalur (FPJ) 2023 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kuansing.

Mereka mendapat bonus berupa sepeda dari Gubenur Riau (Gubri), Syamsuar.

Bonus tersebut diberikan Gubri saat hadir menyaksikan partai final, sekaligus menutup event nasional FPJ 2023 di Teluk Kuantan, Minggu (27/8/2023).

Pada kesempatan tersebut, Syamsuar sangat mengapresiasi kinerja Panitia Pacu Jalur tahun 2023 dan Pemkab Kuansing. Sudah sukses menyelenggarakan salah satu agenda pariwisata nasional ini.

Syamsuar hadir didampingi Kadis Kominfo Riau,  Erisman Yahya, dan Kadis Pariwisata Riau, Roni Rahmat. Gubri mengakui bahwa penyelenggaraan festival pacu jalur tahun ini jauh lebih baik dibandingkan tahun- tahun sebelumnya.

"Tidak hanya jumlah peserta yang hampir mencapai 200 jalur, tapi Kota Teluk Kuantan benar benar jadi lautan manusia," ujar Syamsuar.

Atas antusias dan kerja keras semua stakeholder, Syamsuar kemudian merogoh kantong pribadi dan menambah hadiah pertama sebesar Rp10 juta, dan juara kedua sebesar Rp 5 juta. Di samping bonus berupa sepeda kepada lima tukang tari terbaik, yang lolos hingga hari terakhir.

Pada sorenya, sebelum acara penutupan, Syamsuar bahkan sempat melakukan roadshow di Tepian Narosa menggunakan speedboat. Gubri mendapat sambutan hangat dari pengunjung yang hadir.

Mantan Bupati Siak ini juga berjanji akan terus membantu Pemkab Kuansing memajukan pacu jalur. Salah satunya dengan membangun infrastruktur pendukungnya.

Kemudian, Syamsuar juga memuji peran awak media yang sukses membesarkan Pacu Jalur hingga dikenal dunia.

Sementara itu, Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, berterima kasih atas segala perhatian Pemprov Riau, di bawah kepemimpinan Gubernur  Syamsuar.

"Kami akan terus berharap peran lebih Pemprov Riau, untuk menunjang pelaksanaan event budaya pacu jalur ini. Terutama infrastruktur seperti tribun penonton dan hal lainnya," ujar Bupati Suhardiman.

Selanjutnya, Bupati Suhardiman juga menyampaikan terima kasih atas pembangunan seperti peningkatan jalan rigid beton di Kari, Inuman, Baserah dan beberapa titik lainnya yang sudah dilaksanakan. Ke depan diharapkan lebih banyak lagi proyek pembangunan untuk Kuansing.

Terkait Pacu Jalur, Suhardiman Amby juga mengapresiasi kinerja panitia pelaksana. Tak lupa juga ucapan selamat kepada pemenang pacu jalur yang kembali diraih tim berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Selamat buat pemenang yang mengukir prestasi di Tepian Narosa tahun ini. Mohon maaf, jika ada hal yang tidak berkenan, terutama soal kenyamanan penonton. Ini akan jadi catatan kami, untuk diperbaiki tahun mendatang," tutupnya. (*)

Tags : pacu jalur 2023, gubri syamsuar tutup even nasional pacu jalur 2023, pacu jalur 2023 memperebutkan piala bergilir menparekraf ri,