Artikel   2021/01/26 13:52 WIB

Hari Pers Nasional 2021: PWI Riau Buat Agenda Kegiatan di Pulau Terluar, 'Peserta Ikuti Prokes'

Hari Pers Nasional 2021: PWI Riau Buat Agenda Kegiatan di Pulau Terluar, 'Peserta Ikuti Prokes'
Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekadang S.Sos

PERINGATAN Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang diperingati  setiap tanggal 9 Februari tetap akan digelar, menyesuiakan dengan kondisi masa pandemi COVID-19. Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari mengumumkan sejumlah agenda yang akan dilaksanakan pada acara puncak HPN 2021. Agenda pertama adalah konvensi media massa, yang akan membahas mengenai visi pers di masa sulit akibat pandemi COVID-19 serta bagaimana tantangan dan solusinya.

Panitia HPN 2021 juga akan menyelenggarakan berbagai seminar tentang pers yang saat ini masih berjalan dan bisa diikuti masyarakat secara daring. Agenda kedua penyerahan penghargaan Anugerah Kebudayaan kepada pemerintah kabupaten dan kota yang berperan aktif melestarikan budaya di daerah masing-masing. Atal Depari mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menganggap budaya sebagai DNA bangsa Indonesia. Selama tiga kali penyelenggaraan Anugerah Kebudayaan respons dari pemerintah daerah luar biasa. Agenda ketiga, HPN 2021 juga akan menyerahkan penghargaan berupa trofi, sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp20 juta kepada para pemenang Anugerah Adinegoro 2020 yang akan disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bagaimana kegiatan HPN 2021 PWI Riau?

Panitia HPN PWI Provinsi Riau berencana menggelar berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan sosial, kegiatan olahraga, kegiatan seni hingga doorprize studi jurnalistik ke mancanegara. Rapat perdana Panitia HPN 2021 sudah dilakukan yang dipimpin langsung Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang S.Sos didampingi Ketua HPN PWI Riau Edhar Darlis, yang juga Wakil Ketua Bidang Kesra PWI Riau, dan Sekretaris HPN PWI Riau Saparuddin Koto.

Disamping itu juga dihadiri Sekretaris PWI Riau Amril Djambak, Wakil Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga A Kadir Bey, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Anthony Harry, pengurus PWI Riau serta sebagian besar panitia HPN PWI Riau yang berjumlah 84 wartawan di kantor Jalan Arifin Ahcmad, Pekanbaru. Dalam rapat perdana, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyatakan memperingati HPN 2021, PWI Riau akan menggelar berbagai kegiatan yakni kegiatan sosial dengan menggelar donor darah dan anjang sana dengan silaturahmi ke tokoh-tokoh pers Riau dan juga menjenguk keluarga wartawan yang mengalami kemalangan. Semua kegiatan direncanakan digelar dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Kegiatan olahraga berupa pertandingan tenis meja dan badminton juga digelar yang disediakan doorprize studi jurnalistik ke luar negeri, yakni direncanakan ke Australia. ‘’Kegiatan HPN 2021 ini juga tidak terlepas dukungan dari para mitra atau sponsor, baik dari pihak pemerintahan maupun swasta. Semoga seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan kita harapkan semua panitia harus sungguh-sungguh, bertanggung jawab dan bekerja sama dengan baik menyukseskan HPN 2021 tahun depan,’’ ujarnya.

Rencana kegiatan di Pulau Terluar 

PWI Riau juga merencanakan mengikuti perayaan puncak secara nasional dari pulau terluar Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Sebelumnya Panitia Hari Pers Nasional tingkat Provinsi Riau sudah melakukan survei  lokasi HPN 2021 tersebut dilaksanakan Rabu-Kamis (6-7/1/2020) yang dipimpin langsung ketua Panitia HPN Edhar Darlis didampingi Sekretaris Saparuddin Koto, Koordinator HPN untuk pusat Jinto Lumban gaol dan panitia lain seperti Syam Irfandi, Henny Eliati dan Rosyita.

Panitia HPN PWI Provinsi Riau melakukan rapat perdana Panitia HPN 2021 dipimpin langsung Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang S.Sos didampingi Ketua HPN PWI Riau Edhar Darlis, yang juga Wakil Ketua Bidang Kesra PWI Riau, dan Sekretaris HPN PWI Riau Saparuddin Koto, Senin 11 Januari 2021.

Ada beberapa lokasi yang disurvei untuk lokasi HPN 2021, seperti Pantai Pesona di Desa Teluk Rhu dan pantai Villa Akang di Desa Tanjung Punak. Dua lokasi tersebut diwacanakan menjadi lokasi HPN tingkat Provinsi Riau tahun 2021 yang akan berlangsung pada tanggal 7-9 Februari 2021. Pantai Pesona dan Pantai Villa Akang memiliki keindahan pantai berpasir yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Kedua pantai tersebut telah dibangun turap sepanjang pantai yang sangat cocok sebagai lokasi HPN terutama Pantai Pesona, karena berdekatan dengan penginapan.

Panitia HPN juga sudah melakukan survei ke Pulau Rupat untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan pendukung di HPN 2021. Mulai dari transportasi, penginapan, konsumsi, peralatan dan pendukung lainnya. Hari Pers Nasional tahun 2021 tingkat Provinsi Riau direncanakan akan dilaksanakan di Pulau Terluar. Hal itu berkaitan dengan HPN tingkat nasional yang tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka. Sehingga HPN dilaksanakan disetiap daerah yang langsung terhubung dengan HPN pusat.

Peserta wajib jalani rapid test

Sebelumnya jauh hari, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang sudah memutuskan kepada peserta yang mengikuti perayaan HPN 2021 tingkat Provinsi Riau, yang direncanakan digelar di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, wajib untuk menjalani rapid test. "Ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, dan yang ikut benar-benar tidak terpapar dari virus corona," kata dia.

Wajib jalani rapid test sudah disepakati bersama dalam rapat evaluasi persiapan memperingati HPN 2021 tingkat Provinsi Riau Senin 11 Januari 2021 kemarin, yang juga dihadiri Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Ketua Panitia HPN 2021 Provinsi Riau Edhar Darlis, Sekretaris Panitia Saparudin Koto, panitia dan pengurus PWI Riau, di ruang rapat Kantor PWI Riau, Jalan Arifin Achmad Pekanbaru, . 

Zulmansyah Sekadang mengakui, perayaan HPN 2021 masih dalam suasana pandemi virus Covid-19. "Kita wajib menjalankan protokol kesehatan. Jadi semua peserta wajib jalani rapid test pada tanggal 6 Februari, tepatnya sehari sebelum kita berangkat,’’ katanya.

Dia pun mewanti-wanti, bagi teman-teman yang reaktif hasil testnya, hendaknya dengan legowo untuk tidak pergi. ‘’Sampai saat ini warga di Pulau Rupat masih zero dari Covid-19. Tentu dengan kehadiran kita nanti harus sama pula, dan jangan malah kehadiran kita membentuk cluster baru,’’ sebutnya.

Zulmansyah juga memberikan alternatif, jika cuaca tindak mendukung untuk digelar di Pulau Rupat, maka tujuan bisa beribah ke Siak yakni di tepian Sungai Siak, Kabupaten Siak. Mengikuti peringatan HPN 2021 secara serentak se-Indonesia melalui virtual, selain digelar bakti sosial yakni membersihkan sampah dan menanam pohon yang setiap kegiatan wajib menjalani protokol kesehatan. Bersempena HPN 2021, PWI Riau juga menggelar donor darah silaturahmi ke tokoh pers dan keluarga wartawan yang mengalami musibah, papar Zum seraya mengingatkan kepada semua panitia agar menjalankan tugas yang telah diamanahkan dengan serius dan baik. (rilis)

Tags : Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekadang, HPN 2021, Hari Pers Nasional,