Siak   2023/05/31 10:18 WIB

Hasil RUPS Tahunan Kinerja PT BSP Terungkap, 'yang Mampu Raih Laba Bersih Rp381M dan Tertinggi Sepanjang Sejarah'

Hasil RUPS Tahunan Kinerja PT BSP Terungkap, 'yang Mampu Raih Laba Bersih Rp381M dan Tertinggi Sepanjang Sejarah'
Direktur BSP, Iskandar, Bupati Siak, Alfedri dan Komisaris BSP, Hendrisan.

SIAK, RIAUPAGI.COM - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS-T) PT Bumi Siak Pusako (BSP), tercatat sepanjang tahun 2022 realisasi produk minyak mencapai 3 juta barel.

"Hasil RUPS tahunan kinerja PT BSP memuaskan dan bisa raih laba bersih Rp381 miliar."

"Capain tersebut menandakan PT BSP sebagai BUMD mampu memberikan kontribusi yang positif khususnya kepada seluruh shareholders dan secara umum kepada NKRI," kata Bupati Siak, Alfedri.

Diakhir tahun 2020 laporan PT BSP juga telah di audit KAP Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang serta rekan yang telah membukukan laba bersih pada tahun buku 2022 sebesar Rp381 miliar.

"Selain itu juga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), berhasil dipertahankan manajemen selama BSP berdiri sejak 2021," sebutnya.

Pemkab Siak mengapresiasi kinerja PT BSP yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa selama 2022 lalu.

Tetapi Alfedri kembali melihat, secara umum capain target berdasarkan WP dan B 2022 sudah terealisasi, pengeboran 15 sumur eksplotasi dan 1 sumur eksplorasi terlaksana 100 persen ini membuktikan BSP tetap komit melakukan operasi dalam upaya meningkatkan produksi dan menekan laju penurunan produksi di WK CPP.

"Hal ini merupakan pencapain tertinggi sepanjang sejarah BSP, tercatat PT BSP pernah mencatatkan laba bersihnya tahun 2008 sebesar Rp348 miliar lebih. Terakhir tahun 2008 laba bersih BSP tertinggi," imbuh Alfedri selaku pemegang saham utama BSP dan diminta tetap fokus dan menjadi BUMD kebanggan masyarakat Riau.

Pasti selama 5 tahun sebagai komitmen perpanjangan kontrak BSP bersama Negara akan terus menjadi perhatian, kepada seluruh jajaran manajemen, sebegai salah satu BUMD yang mengelola lapangan migas ini harus terus menjadi kebanggan masyarakat Riau dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sementara Direktur PT BSP, Iskandar menyampaikan strateginya dan program kerja yang telah terealisasi selama tahun 2022.

Secara umum capain target berdasarkan WP&B 2022 sudah terealisasi, pengeboran 15 sumur eksplotasi dan satu sumur eksplorasi terlaksana 100 persen.

"Tantangan operasional dan kedala di lapangan akan menjadi lesson learn untuk tetap menjadi perbaikan ke depannya dan senantiasa meminimalkan resiko operasi dilapangan," ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya menekan biaya operasi guna melakukan efisiensi menjadi hal utama yang akan terus ditingkatkan, inovasi dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat sesuai regulasi sebagai penguatan kepatuhan thd GCG terus diperhatikan.

"Perusahaan terus berinvestasi dalam kegiatan eksplorasi dan pengembangan," ujarnya.

"Komitmen BSP dalam mencari cadangan baru telah berhasil, ini dibuktikan dengan ditemukannya cadangan baru sumur eksplorasi nuri 1x yang diperkirakan produksi mencapai 500-700 BPOD keberlanjutan operasi perusahaan," sambungnya.

Keberhasilan gemilang di tingkat nasional diraih BSP dalam ajang top BUMD awards yang digelar Warta Ekonomi, sebagai 13 besar top BUMD seluruh Indonesia. Penghargaan internasional dalam 3rd IOG confension di Bali sebagai KKKS zero claim insurance. (*)

Tags : rapat umum pemegang saham tahunan, rups, kinerja pt bumi siak pusako, rups pt bsp, hasil kinerja bps raih laba bersih Rp381miliar,