Kuniler   2021/04/16 16:26 WIB

Hidangan Berbuka Puasa 'Takjil' Begitu Beraneka Ragam di Ramadhan

Hidangan Berbuka Puasa 'Takjil' Begitu Beraneka Ragam di Ramadhan

Hidangan berbuka puasa dari seluruh dunia begitu beraneka ragam, dari yang manis-manis hingga yang gurih. Semua hidangan memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya.

Dilansir dari laman National Geographic pada Selasa (13/4), berikut 12 hidangan berbuka puasa di berbagai belahan dunia:

1. Timur Tengah: shorbat adas

Bagi banyak Muslim di Uni Emirat Arab (UEA), Yordania, dan Lebanon, buka puasa biasa dimulai dengan semangkuk shorbat adas, disajikan dengan keripik pitta.

Di masak dengan lentil merah dan dibumbui dengan kunyit, jintan, kayu manis, parsley, dan lemon. Shorbat adas yang kaya protein dengan cepat mengisi kembali perut yang berpuasa. Untuk nutrisi tambahan, masak wortel, bawang bombay dan kentang bersama dengan lentil sebelumnya

2. Maroko: harira

Biasanya disajikan dengan kurma, sup hangat ini mengambil namanya dari kata Arab untuk 'silky'. Di Maroko, harira menawarkan kebaikan lentil, buncis, daging, dan bihun dalam sup tomat. Bahan 'tedouira', dari campuran tepung yang mengental dan air yang ditambahkan saat mengaduk sup.

Setiap keluarga menyiapkan hidangan secara berbeda, ada yang memilih nasi daripada bihun, atau daging sapi dari pada domba. Bumbu dan rempahnya bervariasi di antaranya, kayu manis, kunyit, kunyit, jinten, ketumbar, parsley, seledri, dan jahe.

3. India dan Pakistan: shami kebab

Pada malam Ramadhan di India dan Pakistan, udara dipenuhi dengan aroma yang memikat dari kebab shami, berbumbu kapulaga yang lezat di jalan. Asal muasal roti daging kambing diyakini terletak di kota Lucknow, India.

Daging domba atau sapi, dimasak dengan chana dal atau Bengal gram, digiling dan dibumbui dengan bawang putih, jahe, kayu manis, merica, cengkeh, jintan, mint, ketumbar dan cabai hijau. Dicelupkan ke dalam telur, patty digoreng hingga bagian luarnya renyah. 

4. UEA: Harees

Keluarga di UEA kerap menyajikan harees, hidangan bubur gandum dengan daging domba atau ayam. Gandum direndam semalaman sebelum dibumbui dan dimasak perlahan dengan daging bertulang selama empat jam atau lebih. Kemudian dagingnya disisihkan, diiris dan diaduk kembali dengan gandum.

5. Arab Saudi: thareed

Hidangan berbuka puasa Arab Saudi hampir pasti akan memasukkan thareed, sup daging domba dan kaya akan sayuran. Ini mengenyangkan. Disebutkan oleh beberapa orang ini sebagai salah satu hidangan favorit Nabi Muhammad. Thareed memiliki makna budaya yang besar di wilayah tersebut. Untuk menyiapkan hidangan, domba dimasak selama lebih dari satu jam, kemudian ditambahkan kentang, wortel, zukini dan direbus dalam pasta tomat, bawang, dan bawang putih, bersama dengan kaldu. Dibumbui dengan kunyit, jeruk nipis kering, kapulaga, ketumbar, kayu manis, cabai merah, dan lada.

6. Asia Selatan: samosa

Favorit di seluruh Asia Selatan, samosa biasanya diisi dengan kentang tumbuk atau daging cincang dan dibumbui dengan jintan, ketumbar, dan garam masala.

7. Yordania: mansaf

Mansaf merupakan hidangan nasional favorit Yordania, yang tanpanya perayaan dan pertemuan sosial tidak akan lengkap. Daging domba yang lembut dimasak lama, diberi jameed (bola yogurt kering yang difermentasi), yang ditambahkan ke dalam rebusan. Daging domba dan sausnya biasanya disajikan di atas nasi kuning, dengan roti tipis di bawahnya, dan hiasan kacang pinus, almond, dan parsley.

8. Turki: Ramazan pidesi

Menjelang matahari terbenam, penduduk setempat berbaris di toko roti terdekat untuk membawa pulang Ramazan pidesi yang baru dipanggang. Roti bundar beragi, baunya memenuhi jalanan selama bulan suci. Di Turki, puasa diakhirkan dengan hidangan roti lembut dan hangat yang disajikan dengan zaitun, keju, mentega, dan daging sapi pastirma. Susu ditambahkan ke dalam adonan untuk membuatnya lembut.

Saat mengembang, akan dilapisi dengan campuran telur dan yoghurt. Kemudian dibentuk dengan tangan menjadi roti bundar. Setelah pola berlian dibuat di permukaan, roti diberi nigella dan biji wijen di atasnya, dan dipanggang. Agar roti tetap lembut, nampan berisi air disimpan dalam oven sambil dipanaskan terlebih dahulu.

9. Nigeria: moi moi

Puding gurih dan empuk yang terbuat dari bubur kacang dan dikemas dengan bahan kaya protein seperti telur, daging sapi, ikan atau udang. Ini menjadi santapan favorit untuk buka puasa, mulai dari Lagos hingga Abuja.

Untuk membuat moi moi, kupas kacang polong atau kacang madu dibumbui dan dicampur dengan paprika, scotch bonnet, bawang bombay, dan air. Adonan dituang ke dalam daun pisang, wadah plastik, dan dikukus dalam panci besar berisi air hingga menjadi tekstur seperti kue. 

10. Levant:

Kue Qatayef - (VOA)

Di seluruh Mesir, Yordania, Lebanon, Palestina, Suriah, dan Teluk, makanan berbuka puasa favorit adalah qatayef, kue isi berbentuk bulan sabit. Ini dimulai dengan pancake semolina yang dimasak hanya di satu sisi, biasanya diisi dengan keju, seperti akkawi atau nabulsi, dan pistachio tumbuk, hazelnut, almond, atau kenari. Kemudian dilipat menjadi dua, ditutup rapat, digoreng, dan ditaburi sirup gula. Dalam versi lain, pancake yang dimasak diisi dengan krim.

11. Timur Tengah: kunafa

Di Timur Tengah, buka puasa menjadi sempurna dengan hidangan penutup kunafa. Terdapat perbedaan dalam memasaknya, dengan variasi nasional  bahkan regional. Ini membutuhkan adonan semolina, pastry filo, atau kombinasi keduanya. Dicampur dengan sirup gula, air dan minyak samin, adonan dilapisi dengan keju, biasanya tanpa garam dan dipanggang sampai kerak berubah menjadi keemasan. Itu diakhiri dengan taburan sirup jeruk, ditambah pistachio tumbuk dan krim.

12. Indonesia: kolak pisang

Di Indonesia, buka puasa dibuka dengan kolak, kombinasi gula aren, kelapa, santan, daun pandan dan buah. Disajikan hangat atau dingin, hidangan ini dapat mencakup buah-buahan sebanyak yang Anda suka, dan dengan cepat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Bisa juga ditambahkan dengan ubi, dan singkong. (*)

Tags : hidangan ramadhan, hidangan berbuka puasa, menu buka puasa, menu sahur dan buka puasa, menu buka puasa praktis, ide menu buka puasa, ramadhan 2021,