Linkungan   2023/03/16 13:51 WIB

Hotspot Riau Melonjak Hingga 12 Titik, 'yang Tersebar di Dumai dan Siak'

Hotspot Riau Melonjak Hingga 12 Titik, 'yang Tersebar di Dumai dan Siak'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera ada 32 titik, tetapi Riau juga kecipratan hingga melonjak 12 titik dalam seminggu terakhir yang tersebar di Dumai dan Siak.

"Hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera melonjak hingga Kamis 16 Maret 2023 ini."

"Total titik panas atau hotspot wilayah Sumatera ada 32 titik. Tersebar di Aceh satu titik,Sumatera Utara enam titik, Sumatera Barat satu titik, Kepri empat titik, dan Bangka Belitung 12 titik," sebut Yasir, petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Kamis (16/3/2023).

"Sementara di Riau ada delapan titik yang tersebar di Kabupaten Siak dua titik dan Kota Dumai enam titik," sebut Yasir.

Sementara suhu udara cukup terik bisa mencapai 33 derajat celcius. Kemudian kelembaban udara 60-95 persen dan arah angin Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pemprov juga sudah meminta bantuan helikopter water boombing ke pemerintah pusat untuk pencegahan dan penanganan Karhutla 2023.

Satelite BMKG juga mendeteksi 10 titik panas, berdasarkan update pada Rabu 15 Maret 2023 pukul 16.00 WIB kemarin.

"Titik panas di wilayah sumatera ada 10 titik, paling banyak di riau dengan lima titik, di kota dumai tiga titik dan dua titik di kabupaten siak," kata petugas BMKG Stasiun Pekanbaru, Mia V.

"Kemudian masing-masing ada satu titik di Sumbar dan Kepri, serta ada tiga titik di Sumut," terangnya.

Sementara suhu udara mulai 23 derajat hingga 33 derajat celcius. Kemudian kelembaban udara 60-95 persen dan arah angin Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5 - 1,25 meter (rendah).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan jika Karhutla terjadi itu tanggungjawab jajaran Pangdam, Kapolda, dan Danrem.

Hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera terdeteksi 12 titik. Bahkan lima titik panas berada di  Provinsi Riau pada Rabu (15/3/2023).

"Titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera 12 titik. Tersebar di Sumatera Barat lima titik, Bengkulu satu titik, Lampung satu titik. Sedangkan hotspot Riau ada lima titik, semuanya berada di Kabupaten Indragiri Hilir," sebut Anggun, petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Sementara suhu udara cukup terik bisa mencapai 33 derajat celcius. Kemudian kelembaban udara 60-95 persen dan arah angin Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pemprov juga sudah meminta bantuan helikopter water boombing ke pemerintah pusat untuk pencegahan dan penanganan Karhutla 2023. (rp.sul/*)

Editor: surya dharma

Tags : titik api, hotspot, titik api di riau melonjak, 12 titik hotspot di riau, titik api tersebar di dumai dan siak,