Agama   2023/03/16 14:21 WIB

Warga Dilingkungan Rukun Tetangga Goro Masal Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadhan, 'yang Sudah jadi Tradisi Tiap Tahunnya'

Warga Dilingkungan Rukun Tetangga Goro Masal Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadhan, 'yang Sudah jadi Tradisi Tiap Tahunnya'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Menjelang Ramadan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini, warga dilingkungan RT03/RW03, Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru akan melakukan gotong royong bersih-bersih disekitar lingkungan Masjid.

"Pengurus Masjid Darul Amal mengundang seluruh warga untuk ikut gotong royong bersih-bersih dilingkungan masjid."

“Untuk menyambut bulan suci ramadan, selain mempersiapkan mental, fisik dan kesehatan, juga kebersihan tempat ibadah harus diperhatikan sehingga dapat khusuk beribadah,” kata Indera Kurniawan, Ketua RT03 membenarkan undangan Masjid Darul Amal untuk bergotong royong, pada Minggu 19 Maret 2023. 

Menurutnya, kebersihan itu pangkal dari iman, sebutnya yang mengajak dan mengundang warga untuk ikut goro masal pada hari Minggu melalui gorup whats app (WA) dilingkungan RT03, Kamis 16/3) tadi ini.

"Hal yang sudah rutin sepekan menjelang ramadhan, warga menggalang kerja bakti membersihkan masjid dan lingkungan," sebutnya.

Seperti yang dilakukan oleh warga lingkungan RT03 ini, pada tiap sepekan sekali sudah terbiasa bergotong royong, "yang berbondong-bondong melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan." 

Tetapi menghadapi Ramadhan, pembersihan ini penting, nantinya meliputi hampir semua yang ada seperti lantai masjid, tempat wudhu, pelataran parkir hingga selokan.

"Bersih-bersih masjid banyak dilakukan warga. Dengan membersihkan masjid ini, kita berharap Allah memberikan rahmat kepada mereka, sebab yang dibersihkan itu merupakan rumah Allah," sebutnya.

"Benar-benar sudah menjadi prioritas bagi umat Islam untuk menyambut datangnya Ramadhan dengan riang gembira, hati yang suci, sehingga lingkungan masjid dan rumah pun harus bersih," jelasnya.

Menurutnya, jika masjid bersih masyarakat yang melakukan ibadah seperti sholat lima waktu, sholat tarwih‎ dan tadarusan dikala ramadhan nanti nyaman. 

“Disini sudah tradisi, setiap kali mau puasa atau acara-acara besar keagamaan yang terfokus di Masjid, kami selalu gotong royong. Untuk itu tahun ini pun kami melaksanakan kegiatan seperti ini,” tambahnya. (rp.jon/*)

Editor: surya dharma

Tags : ramadan 1444 hijriyah, ramadhan tahun 2023, tradisi warga gotong royong, bersihkan masjid jelang ramadhan,