Riau   2023/09/18 17:45 WIB

Hotspot Riau Terdeteksi 63 Titik, Tapi Diprediksi Hujan Tetap Mengguyur

Hotspot Riau Terdeteksi 63 Titik, Tapi Diprediksi Hujan Tetap Mengguyur

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jumlah hotspot di Pulau Sumatera terpantau 787 titik hingga pada Senin 17 September 2023 diperkirakan naik dari 40 titik menjadi 63 titik di Riau.

"Hotspot Riau terdeteksi 63 titik hitspot."

"Totol hotspot di Sumatera 787 titik, terbanyak masih di Sumatera Selatan 582 titik. Kemudian Bengkulu empat titik, Jambi 47 titik, Lampung 51 titik, Sumatera Barat 19 titik, Sumatera Utara satu titik, dan Bangka Belitung 20 titik," kata Anggun, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau, Minggu (17/9).

"Hotspot Riau ada 63 titik, paling banyak di Pelalawan yang terdeteksi 19 titik. Lalu Kampar 11 titik, Indragiri Hulu 11 titik, Bengkalis tiga titik, Kuantan Singingi satu titik, Siak empat titik, Rokan Hulu tujuh titik, Indragiri Hilir enam titik, dan Kota Pekanbaru satu titik," sambungnya.

Pemprov Riau bersama pemerintah daerah 12 kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak lama. Tetapi terjadi Karhutla di wilayah Rohil, Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Dumai.

Pemprov Riau telah mendapat bantuan helikopter bantuan patroli dan water bombing. Karena sudah mulai teratasi, dua helikopter WB dialihkan ke provinsi lainnya.

Lalu operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisipasi bencana Karhutla di Provinsi Riau dengan menyemai garam sudah dihentikan. Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh Kapolda se-Indonesia mengeluarkan maklumat larangan membakar hutan dan lahan.

Tetapi walaupun titik hotspot bertambah diprediksi Riau akan diguyur hujan lebat.

BMKG memprediksi suhu udara bisa mencapai 34 derajat celcius.

"Cuaca siang hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Siak, Pelalawan dan Kepulauan Meranti," sebut Anggun, Senin (18/9).

Sementara sore hingga malam ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Bisa terjadi disebagian wilayah Siak, Rokan Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pekanbaru dan Dumai.

"Peringatan dini waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Bengkalis, Rokan Hulu, Kampar pada sore dan malam hari," ujar Anggun.

Untuk dengan suhu maksimal bisa mencapai 34 derajat celcius. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5-1,25 meter, masih rendah. (*)

Tags : hotspot, riau, titik hotspot terdeteksi 63 titik, riau diprediksi diguyur hujan,