Headline News   2023/09/18 18:5 WIB

Pertamina Ancang-ancang Hapus BBM Jenis Pertalite, 'untuk Mengurangi Emisi Karbon'

Pertamina Ancang-ancang Hapus BBM Jenis Pertalite, 'untuk Mengurangi Emisi Karbon'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Rencana PT Pertamina menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dan menggantinya dengan Pertamax Green 92 dinilai DPRD Riau punya plus minus.

"Pertamina berencana menghapus BBM jenis pertalite."

"Kita sebenarnya tidak ada masalah (Pertalite dihapuskan), karena semakin baik oktannya maka semakin baik pula untuk kualitas bahan bakarnya dan berakibat baik ke kendaraan yang mengkonsumsi BBM tersebut," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, Senin (18/9).

Plusnya, mengganti BBM dengan jenis oktan lebih baik dinilai dapat mengurangi emisi karbon, katanya.

Ia mengatakan penghapusan BBM jenis Pertalite yang saat ini paling murah di pasaran tentu akan mendapat penolakan dari masyarakat.

"Yang jadi persoalan itu adalah kebanyakan masyarakat tidak menilai berapa oktannya. Mereka hanya mengkaji bisa digunakan dan harganya berapa," tanya dia.

Hardianto berharap pemerintah dapat menyesuaikan harga BBM pengganti Pertalite dengan kebutuhan masyarakat.

"Kita berharapnya pengganti pertalite ini bisa dibuat dengan oktan yang sama atau bahkan lebih baik dan juga untuk harganya berpihak kepada kemampuan masyarakat," ujarnya.

Hardianto mengingatkan bahwa jika harga BBM naik akan mempengaruhi mobilitas masyarakat pula dan ujung-ujungnya akan berdampak pada kenaikan harga bahan-bahan pokok.

"Jadi silahkan saja pemerintah merubah dan menciptakan produk baru terhadap BBM, tapi tetap perhatikan harganya tidak membebani dan bisa dijangkau masyarakat," tutupnya. (*)
 

Tags : pertamina, bbm jenis pertalite di hapus, pertamina akan hapus pertalite untuk mengurangi emisi karbon, News,