News   2022/08/10 8:59 WIB

HUT Ke-65 Riau Tidak Hanya Serimonial-Formalitas Saja, kata Mendagri 

HUT Ke-65 Riau Tidak Hanya Serimonial-Formalitas Saja, kata Mendagri 
Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri RI, Tumpak Haposan Simanjuntak

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Kanarvian mengingatkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Riau diharapkan tidak hanya serimonial atau formalitas saja. 

"Sebagaimana bangsa Indonesia khususnya Pemprov Riau telah menghadapi era disrupsi, terutama pandemi yang berhasil dilewati dengan lancar yang diindikasikan dari beberapa variabel," kata Mendagri Tito Kanarvian diwakili Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri RI, Tumpak Haposan Simanjuntak menyampaikan secara virtual dalam rapat paripurna memperingati Hari Jadi ke-65 Riau, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau, Selasa (9/8).

Tumpak Haposan mengucapkan selamat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, dan berharap momen ini tidak hanya sebagai bentuk formalitas atau serimonial saja. Namun lebih dari itu, adanya berbagai refleksi yang dapat diperoleh pada momen ini.

Pertumbuhan ekonomi Riau sudah mendekati rata-rata nasional yaitu 4,8 persen tahun 2022. Selanjutnya, adanya penurunan tingkat kemiskinan sebanyak 0,12 persen dibandingkan tahun lalu. Dan juga angka stunting turun 2,7 persen di banding tahun lalu.

Staf Ahli Kemendagri RI ini menyebutkan, dari beberapa variabel tadi, itu menjadi refleksi dari keberhasilan Pemprov Riau dan DPRD Riau dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Kami juga mengapresiasi Pemprov Riau bersama DPRD Riau telah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada 12 tokoh masyarakat Riau yang merupakan refleksi dan respek kepada para tokoh pejuang daerah," ungkapnya.

Ia berharap, melalui para pejuang ketokohan yang ikut membangun Pemprov Riau khususnya telah mendahului, ini dapat menjadi acuan bagi generasi muda di Provinsi Riau.

"Peran tokoh pejuang yang telah mendahului diharapkan menjadi trigger acuan generasi muda di Riau, untuk menunjukkan prestasi di berbagai bidang kehidupan sesuai dengan peran keahlian masing-masing," sebutnya.

Ia juga mengapresiasi upaya Pemprov Riau bersama jajaran Forkopimda Riau dalam pengendalian pandemi di Bumi Lancang Kuning. Namun, pihaknya mengingat untuk tetap waspada karena pandemi belum usai. "Karenanya, kami mengingatkan kembali atas nama Kemendagri RI untuk selalu waspada untuk selalu menjaga prokes," pungkasnya. (*)

Tags : Hari Ulang Tahun Riau, HUT Ke-65 Riau, Hari Jadi Riau Tidak Hanya Serimonialdan Formalitas, Mendagri Ingatkan HUT Riau, News ,