Headline News Kota   2022/04/23 22:5 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub akan 'Rekayasa Lalin' di Jalan Jendral Sudirman

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub akan 'Rekayasa Lalin' di Jalan Jendral Sudirman

PEKANBARU - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan rekayasa lalu lintas (Lalin) di Jalan Jendral Sudirman untuk mencegah kemacetan.

"Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal melakukan rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Jendral Sudirman."

"Jadi yang dua ini kita rekayasa dengan menutup sebagian u-turn. Rekayasa itu disebut untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan mudik Lebaran. Contohnya kendaraan dari Bandara SSKII bisa berbalik arah di bawah fly over Sudirman-Harapan Raya," terang Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso pada wartawan, Jumat (22/4/2022).

Rencananya rekayasa lalu lintas bakal dilakukan pada dua u-turn (tempat berputar arah) di Jalan Jendral Sudirman. Pertama pada u-turn tepat di depan showroom Mitsubishi dan kedua di u-turn depan Kantor Bapenda Provinsi Riau. Pada dua u-turn ini hanya bisa digunakan untuk satu arah.

Terkait rekayasa lalu lintas ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan forum lalu lintas, BPTD IV dan Pemerintah Provinsi Riau. "Konsepnya sudah selesai tinggal kita bahas bersama. Karena ini kan jalan nasional, ini sudah kita sampaikan. Tinggal eksekusi lagi bersama tim di lapangan," ungkapnya.

Rencananya rekayasa lalu lintas ini bakal dimulai pada akhir pekan ini. Pasalnya, kemacetan kini sudah mulai terjadi di sepanjang Jalan Jendral Sudirman saat jam tertentu. "Kita sudah lakukan simulasi, sudah uji coba. Kita ada alat untuk simulasi rencana ini. Tinggal koordinasi saja lagi," terangnya. (*)

Tags : Jelang Hari Raya Idul Fitri, Dishub Riau Rekayasa Lalin, Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, News Kota,