News   2022/04/23 21:52 WIB

Safari Ramadan: Gubri Paparkan Perkembangan Konversi BRK Menuju Syariah

Safari Ramadan: Gubri Paparkan Perkembangan Konversi BRK Menuju Syariah
Gubri Syamsuar menyerahkan CSR Bank Riau Kepri untuk Masjid Arafah Pekanbaru.

PEKANBARU - Dalam kegiatan safari Ramadan 1443 Hijriyah ke masjid yang ada di Pekanbaru, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar paparkan perkembangan konversi Bank Riau Kepri (BRK) menuju Syariah.

Gubri safari Ramadhan di Masjid Arafah Jalan Sekolah Rumbai Pekanbaru pada Jumat 22 April 2022, seperti dirilis mediacenterriau.

"Dengan banyaknya minat dari masyarakat pada BRK kami melakukan kesepakatan dengan pemegang saham BRK untuk menjadi syariah. Alhamdulillah BRK siap menjadi bank syariah dalam waktu dekat ini," kata Gubri dalam kunjungan safari Ramadhan beserta rombongan Kepala OPD Riau.

Ia menyinggung rencana konversi Bank Riau Kepri (BRK) menjadi bank syariah. Menurutnya walaupun saat ini bank kebanggaan masyarakat Riau tersebut belum menjadi syariah, tetapi untuk perkembangan unit syariah BRK melebihi dari Bank DKI Jakarta. Hal itu disebabkan banyaknya minat pengguna memilih ekonomi syariah.

Menurutnya, proses konversi BRK menuju syariah akan semakin dekat karena tinggal persetujuan dari pihak pusat. Setelah dikonversinya bank daerah (BRK), maka pihaknya akan memberi kepercayaan lebih terhadap BRK sebagai penggerak ekonomi syariah.

Perpindahan BRK ke Syariah juga sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Riau yang telah menggaungkan pembangunan ekonomi syariah.

“Kami pun bersama komisaris BRK juga sudah membicarakan tentang bisnis syariah untuk ke depannya. Ini juga bertujuan untuk menggerakkan ekonomi umat,” jelasnya.

Gubri menyinggung saat pertemuannya dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu terungkap bahwa Indonesia saat ini menjadi peringkat dua industri halal dunia. Hal itu karena sebagaian besar Riau mengambil peran penting dalam zona ekonomi syariah.

“Suatu kebanggaan bagi kita telah berkontribusi besar menjadikan Indonesia naik ke peringkat dua dunia dalam industri halal,” tuturnya.

Sebelumnya Gubri Syamsuar diberi Anugerah Adinata Syariah 2022 dengan meraih tiga kategori penghargaan yakni kategori Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan, kategori Keuangan Syariah dan kategori Industri Halal.

“Karena itu dengan adanya pencapaian ini kita bersama tetap mempertahankan dan meningkatkan kegiatan sedekah dan zakat. Ini sebagai bentuk rasa bersyukur kita kepada Allah SWT," tutupnya. (*)

Tags : Safari Ramadan, Gubernur Riau Syamsuar Safari Ramadhan, Gubri Paparkan Perkembangan Konversi BRK Menuju Syariah, News,