Pilkada   2024/04/04 21:47 WIB

Jelang Pilkada Serentak di Riau, Parpol Mulai Buka Penjaringan Kandidat

Jelang Pilkada Serentak di Riau, Parpol Mulai Buka Penjaringan Kandidat

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Provinsi Riau akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 untuk tingkat Pemilihan Bupati/Walikota hingga Gubernur pada bulan November mendatang.

Menghadapi itu partai-partai politik (parpol) mulai mempersiapkan diri untuk membuka pendaftaran sekaligus penjaringan kandidat bakal calon kepala daerah yang akan mereka usung.

Untuk Partai Amanat Nasional (PAN), Sekretaris DPW PAN Riau Sahidin mengatakan pembukaan penjaringan akan dibuka oleh DPD di 12 kabupaten/kota untuk Pilwako dan Pilbup serta DPW untuk Pilgubri.

"Kita nanti pasca lebaran bentuk tim penjaringan, sesuai arahan Ketum (DPP) itu setiap DPD akan buka penjaringan, terbuka untuk kader dan umum yang berminat," kata dia, Rabu (3/4/2024).

Sahidin menerangkan bahwa nantinya PAN akan mengutamakan kader untuk diusung, namun tidak menutup kemungkinan untuk calon eksternal yang sesuai dengan kriteria PAN.

"Nama-nama kader sudah ada (yang muncul) kita memang mengutamakan kader, namun kita buka secara umum," ujarnya.

Untuk Pilgubri, lanjut Sahidin, ia mengaku ada dorongan kepada Ketua DPW Alfedri yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Siak untuk maju.

Meskipun begitu ia menyebut saat ini pihaknya masih disibukkan menyelesaikan segala sesuatu terkait Pileg 2024 yang tengah berproses di MK. (*)

Tags : pilkada serentak, riau, parpol mulai buka penjaringan kandidat,