News Kota   2024/04/04 21:36 WIB

Angkutan Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Mulai Meningkat di Lebaran 2024 

Angkutan Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Mulai Meningkat di Lebaran 2024 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Arus mudik 2023, angkutan pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Kota Pekanbaru mengalami peningkatan signifikan dibandingkan hari biasa.

Untuk speedboat akan menambah jadwal keberangkatannya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sungai Duku, Fiktori mengatakan, untuk armada speedboat Naga Line dan Meranti Ekspres meningkat sekitar 90 persen dari kapasitas angkut.

Ia menuturkan, kalau untuk speedboat sudah penuh tanggal 19-20 April 2024. Sementara untuk Kapal KM Jelatik sudah penuh dari 18-20 April 2024.

"Untuk speedboat pada tanggal 20 april akan ada penambahan jadwal keberangkatan. Diperkirakan puncak mudik itu pada tanggal 20 april karena ada tiga armada yang akan berangkat pada tanggal itu dan ketiga armada tersebut sudah terisi penuh," kata Fiktori, Rabu (4/4).

Selain itu, nantinya pelabuhan sungai duku akan libur satu hari. Untuk libur satu hari itu yaitu pada hari raya pertama. Namun pihaknya belum tahu apakah liburnya tanggal 21 atau tanggal 22 April. Pelabuhan akan kembali aktivitas lagi di hari raya kedua.

Dijelaskannya, peningkatan penumpang mulai terjadi H-7. Oleh sebab itu untuk mengantisipasinya, speedboat nantinya akan menambah jadwal keberangkatannya.

Kemudian untuk harga tiket tidak ada kenaikan. Harga tiket tetap untuk speedboat Rp237 ribu termasuk boarding pass. Sedangkan untuk kapal KM Jelatik Rp162 termasuk boarding pass.

Pihaknya mengimbau untuk masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran di Pelabuhan Sungai Duku agar mengonfirmasi kepada agen loket untuk kapal atau speedboat untuk keberangkatannya. Hal itu untuk mengetahui apakah masih tersedia atau tidak.

"Seperti KM Jelatik itu sudah penuh untuk keberangkatan April ini. Masyarakat bisa memilih alternatif melalui pelabuhan buton atau speedboat naga line atau meranti ekspres dengan mengonfirmasi ke agennya apakah tanggal yang akan dia rencanakan berangkat masih tersedia tiketnya atau tidak. Sementara itu untuk posko di pelabuhan sudah dimulai sejak H-15 sampai dengan H+15," pungkasnya.

Sementara libur mudik Lebaran segera tiba. Masyarakat biasanya melakukan perjalanan mudik untuk menjalin silaturahmi bersama keluarga di kampung halaman.

Selain jalur darat, arus mudik atau perjalanan kapal juga meningkat di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru. Pelabuhan Sungai Duku memiliki peranan penting dalam menunjang kegiatan perekonomian di ibu kota Provinsi Riau.

"Pelabuhan ini adalah jalur perjalanan kapal yang juga sering digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik," sebut Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso.

Agar perjalanan mudik menggunakan kapal lebih aman dan nyaman, berikut tips dari Dishub Pekanbaru:

  1. Sebaiknya pesan tiket kapal laut anda lebih awal.
  2. Periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  3. Pastikan asuransi perjalanan yang mencakup perjalan laut untuk perlindungan tambahan.
  4. Bawa obat anti mabuk laut jika kamu rentan terhadap mabuk laut.
  5. Pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca di destinasi liburan.
  6. Amati petunjuk keselamatan kapal dan ikuti prosedur evakuasi.
  7. Patuhi aturan kapal dan hormati awak kapal.
  8. Manfaatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan laut dan udara segar selama perjalanan. (rp.ind/*)

Tags : angkutan pemudik, pelabuhan sungai duku, pekanbaru, angkutan pemudik mulai meningkat.lebaran 2024, News Kota ,