Headline Pekanbaru   2024/04/04 21:26 WIB

Sekdako Indra Pomi Nasution Nilai Inflasi Pekanbaru Termasuk Terendah di Riau

Sekdako Indra Pomi Nasution Nilai Inflasi Pekanbaru Termasuk Terendah di Riau
Sekretaris Daerah Sekda Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi dan rapat koordinasi hari besar keagamaan bersama Menteri Dalam Negeri secara virtual, Senin (1/4/2024).

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Disdukcapil Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman tersebut juga dihadiri Kadisperindag Kota Pekanbaru, pihak kepolisian dan TNI. 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, inflasi di Kota Pekanbaru termasuk salah satu yang terendah di Provinsi Riau dibanding Kampar, Indragiri Hilir, dan Dumai.

"Inflasi kita di bulan Maret ini sebesar 0,66 tapi year on year nya itu di 2,86 angka ini merupakan yang terendah di Riau dibandingkan Kampar, Indragiri Hilir kemudian juga di Dumai kita termasuk yang paling rendah inflasinya," ujar Indra, Selasa (2/4/2024).

"Artinya kita memenuhi kriteria ataupun target nasional dua setengah plus minus satu. kemudian yang kedua nasional sendiri inflasinya di 0,52 itu month to month nya tapi kalau untuk di year-on-year nya itu di 3,05 jadi kita masih di bawah nasional," jelasnya.

Meski demikian, dikatakan Indra ada beberapa hal yang perlu di antisipasi oleh Pemko Pekanbaru terutama H-8 jelang lebaran, salah satunya terkait bahan pangan.

"Ada beberapa hal yang perlu di antisipasi kedepan apalagi ini H-8 jelang lebaran, potensi-potensi penyumbang inflasi itu selain beras, cabai merah dan lain-lain tentu dari kelompok sayur mayur dan juga bahan-bahan untuk membuat kue Lebaran, ketupat dan lain-lain. Jadi komoditi seperti buncis, kacang panjang, kacang tanah dan lain-lain itu juga perlu diantisipasi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Indra pihaknya telah memberikan arahan salah satunya kepada Disperindag Kota Pekanbaru untuk bisa melakukan gerakan pangan murah.

"Tadi kami memberikan arahan kepada kadisperindag supaya dilakukan gerakan pangan murah, oleh ketapang juga dilingkungan kota pekanbaru dan juga kita nanti akan cek bersama-sama dengan forkopimda berkaitan dengan distributor-distributor yang mungkin di sinyalir lalai dalam menyalurkan bahan-bahan pangan, tapi secara umum kita sangat berterimakasih tadi inflasi kita sudah cukup terkendali dengan baik," tutupnya.

Tags : Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Inflasi di Pekanbaru, Inflasi Pekanbaru Terendah di Riau,