Headline Agama   2023/06/21 10:51 WIB

Jemaah Haji Diminta Tidak Selfie Berlebihan Depan Ka'bah, 'karena Bisa Berurusan dengan Aparat'

Jemaah Haji Diminta Tidak Selfie Berlebihan Depan Ka'bah, 'karena Bisa Berurusan dengan Aparat'

AGAMA - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr Mahyudin, minta Jemaah haji dari Provinsi Riau tidak berswafoto atau selfie berlebihan, terutama depan Ka'bah.

Sesuai imbauan panitia penyelenggaran ibadah haji Arab Saudi, soal larangan berswafoto berlebihan di Masjidil Haram. Karena dikhawatirkan dapat menganggu aktifitas dan bisa berurusan dengan aparat Arab Saudi.

"Jemaah Haji Riau diminta Ttidak selfie berlebihan di depan Kakbah."

“Untuk tidak mengganggu aktifitas selama di Masjidil Haram, saya minta melalui petugas maupun Karu dan Karom untuk mengingatkan Jemaah nya tidak berswafoto khususnya di depan Ka’bah, terlebih menggunakan perangkat foto professional," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr Mahyudin, yang saat ini bertugas di Dakker Makkah.

"Jemaah perlu mengindahkan ketentuan-ketentuan otoritas pemerintah Arab Saudi khususnya di Masjidil Haram agar tidak berurusan dengan aparat keamanan yang bertugas di Masjidil Haram,” sambungnya.

Sesuai imbauan panitia penyelenggaran ibadah haji Arab Saudi, soal larangan berswafoto berlebihan di Masjidil Haram. Itu disampaikan

Sementara itu untuk meminimal jemaah haji yang tersesat selama di Masjidil Haram, petugas Kloter dari Provinsi Riau mulai menerapkan jadwal untuk membantu tugas PPIH Arab Saudi.

“Kita bentuk jadwal Piket Petugas Kloter untuk membantu mobilisasi Jemaah yang tersesat di Masjidil Haram, Terminal Syib Amir, Jiad, dan terminal bab ali,” sebut Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin. 

Mahyudin juga menjelaskan saat ini yang bertugas di Masjidil Haram hanya berjumlah 75 orang yang terbagi kedalam dua shift. Sementara Jemaah haji tetap ingin melaksanakan ibadah di Masjidil Haram secara mandiri dan kemungkinan tersesat juga tinggi.

"Kita bentuk petugas yang akan membantu petugas lainnya yang kita bagi juga kedalam dua shift masing-masing lokasi," ujarnya.

Petugas yang dibuatkan jadwal piket berbagi dalam dua sesi, yang bertugas pada pukul 04.00 sampai 09.00 WAS dan pukul 19.00 sampai 23.00 WAS. Petugas ini wajib menggunakan sergam dan atribut selama bertugas. (*)

Tags : jemaah haji, jemaah haji riau, tidak selfie berlebihan, selfie depan kakbah, selfie berlebihan berurusan dengan aparat arab saudi,