Headline Agama   2023/08/04 15:45 WIB

Jemaah Haji Riau Kembali ke Tanah Air, dari 5.273 Kloter BTH-32 ada 23 Wafat dan 2 Dirawat di Saudi

Jemaah Haji Riau Kembali ke Tanah Air, dari 5.273 Kloter BTH-32 ada 23 Wafat dan 2 Dirawat di Saudi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jemaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam Kloter BTH-32 menutup jadwal pemulangan jemaah haji melalui Debarkasi Haji Antara Riau tahun pelaksanaan 1444 H/2023 M. Sebanyak 5.273 jemaah telah kembali ke daerah asalnya pada 12 kabupaten/kota se-Riau.

"Sudah 5.273 jemaah Riau kembali ke daerah masing-masing. Sewaktu keberangkatan (ke Arab Saudi) jemaah berjumlah 5.296 orang," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau yang juga Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Haji Indonesia Debarkasi Haji Antara Riau Dr H Mahyudin MA, dalam keterangan resminya, Jumat (4/8/2023).

Jumlah jemaah yang kembali ke Tanah Air berkurang karena ada yang wafat di Tanah Suci dan Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Terdapat 21 orang wafat di Tanah Suci dan dua orang wafat di Batam," kata Mahyudin.

Hingga kloter terakhir pemulangan jemaah haji, menurutnya, juga terdapat dua orang jemaah haji Riau yang masih dirawat di Arab Saudi.

"Jemaah tersebut atas nama Ramlan Bin Achmad Sontel dan Sogimin Bin Bomin Karto Sumitro asal Kabupaten Bengkalis tergabung dalam Kloter BTH-10," rincinya.

Mahyudin berharap doa masyarakat Riau untuk kesembuhan jemaah haji yang saat ini masih dirawat di Arab saudi.

"Meski musim haji telah berakhir, jemaah haji yang masih tinggal di Arab Saudi karena dalam perawatan di rumah sakit tetap menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia. Namun karena petugasnya sudah kembali ke Tanah Air, jemaah tersebut diserahkan pemantauannya kepada petugas yang memang hari-harinya bertugas di sana dan dipantau langsung oleh Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi," terang Mahyudin.

Mengakhiri tugasnya sebagai PPIH DHA, Mahyudin selaku Wakil Ketua I menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi atas layanannya terhadap jemaah haji baik selama di Tanah Air, di Tanah Suci dan sekembalinya ke Tanah Air lagi.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar–sebesarnya kepada petugas kloter, TPHD/TKHD, ketua rombongan, ketua regu, seluruh jemaah haji, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Haji Antara Provinsi Riau dan panitia daerah. Semoga Allah SWT akan memberikan pahala yang setimpal dengan amal perbuatan saudara sekalian," tutup Mahyudin. (*)

Tags : Jemaah Haji Riau Kembali ke Tanah Air, Kanwil Kemenag Dr Mahyudin: dari 5.273 Kloter BTH-32 ada 23 Wafat dan 2 Dirawat di Saudi,