Pendidikan   2023/07/03 19:57 WIB

Jerman Tawarkan Kuliah Gratis dan Pekerjaan untuk Anak Riau, kata Dr Kamsol

Jerman Tawarkan Kuliah Gratis dan Pekerjaan untuk Anak Riau, kata Dr Kamsol
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Dr Kamsol

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemprov Riau mendapatkan tawaran dari salah satu lembaga untuk pencarian tenaga kerja ke Jerman.

"Jerman tawarkan kuliah gratis dan pekerjaan."

"Pak Gubernur Riau Syamsuar telah melakukan audiensi dengan salah satu lembaga. Sekarang di Jerman itu membutuhkan ribuan tenaga kerja, jadi Riau mendapatkan tawaran, dan anak Riau akan disekolahkan di Jerman gratis, lalu juga diberikan pekerjaan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Dr Kamsol sebut, Senin (3/7).

"Jadi siapa saja bisa ke Jerman, sambungnya, baik itu tingkat SMK, SMK, S1, S2 maupun S3. Terpenting syaratnya harus bisa mengusai bahasa Jerman," sebutnya.

"Intinya harus bisa menguasai bahasa Jerman, mungkin dengan cara ikut les. Jadi ada sertifikasinya. Kalau di Amerika itu toffel dan kalau Jerman gote, tapi ada lembaga yang bisa melaksanakan itu semua," sambungnya.

"Makanya tidak lama lagi Pemprov Riau akan melakukan MoU dan bisa menyalurkan anak Riau ke Jerman. Untuk ongkos berangkatnya nanti juga akan disiapkan atau dianggarkan Pemda," terangnya.

Ini merupakan peluang, ke Jerman ini selain kuliahnya gratis. Anak-anak dari Riau juga mendapatkan pekerjaan dan gaji. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : kepala dinas pendidikan, kadisdik riau Dr Kamsol, jerman tawarkan kuliah gratis dan pekerjaan, anak riau ditawari pekerjaan di Jerman,