Politik   2024/01/31 15:21 WIB

Jika Terpilih jadi Presiden Anies Ingin Buat BPJS Ketenagakerjaan Khusus Ojek Online

Jika Terpilih jadi Presiden Anies Ingin Buat BPJS Ketenagakerjaan Khusus Ojek Online
Anies Baswedan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan ingin membuat BPJS ketenagakerjaan khusus untuk ojek online (ojol)

ANIES BASWEDAN Capres nomor urut 1 Anies Baswedan ingin membuat BPJS ketenagakerjaan khusus untuk ojek online (ojol) jika dirinya terpilih sebagai presiden di Pilpres 2024 nanti.

Menurutnya, hal itu penting sebagai salah satu bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan kepastian jaminan kerja hingga kesehatan bagi seluruh pekerja Indonesia.

"Lalu yang tidak kalah penting saya membayangkan dibuatkan semacam BPJS ketenagakerjaan khusus ojol," kata Anies dalam acara Desak Anies Buruh dan Ojol di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1).

Anies juga ingin memberikan berbagai bantuan subsidi kepada pekerja ojol. Hal itu, kata dia, untuk meningkatkan kesejahteraan ojol dengan memenuhi hak-hak mereka.

"Lalu banyak program dari pemerintah seperti subsidi pendidikan, KIP Plus KIP-K Plus akan diberikan kepada semua pengemudi ojol yang terlibat di sini," ujar dia.

"Jadi ini bagian dari memastikan bahwa kebutuhan kesejahteraan bisa ditingkatkan lalu hak-haknya sebagai pekerja harus diberikan," imbuhnya.

Anies menyebut pemerintah bersama dengan pekerja ojol harus merumuskan standar keselamatan.

Menurutnya hal itu perlu disusun secara bersama-sama. Terlebih, kata dia, banyak sekali kecelakaan kerja yang dialami para ojol imbas jam kerja yang tinggi dan tak terkontrol.

"Karena kita tahu banyak sekali kejadian kecelakaan karena tidak ada batasan jam kerja, tidak ada unsur kontrol, dan kelelahan itu sangat bisa terjadi dan ketika kelelahan terjadi potensi kecelakaan itu sangat tinggi," kata dia.

Anies Baswedan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Mereka melawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (*)

Tags : anies baswedan, capres nomor urut 1, capres anies baswedan ingin buat bpjs ketenagakerjaan, bpjs khusus ojek online,