Entertaiment   2023/08/07 13:59 WIB

Jisoo Blackpink Punya Pacar jadi Mengguncang Industri K-pop

Jisoo Blackpink Punya Pacar jadi Mengguncang Industri K-pop
Jisoo, 28 tahun, adalah vokalis utama grup K-pop populer Blackpink

JISOO BLACKPINK merupakan salah satu bintang K-pop papan atas yang secara terbuka mengakui bahwa dia tengah menjalin hubungan asmara. Padahal, industri musik Korea Selatan terkenal penuh tekanan karena penggemar K-pop mudah tersinggung dan perusahaan rekaman memantau setiap aspek kehidupan pribadi bintang-bintang mereka.

Jisoo, 28 tahun, dan aktor An Bo-hyun, 35 tahun, "sedang saling mengenal dengan perasaan yang baik", menurut laporan media Korea.

Baik agensi Jisoo maupun Bo-hyun mengakui hubungan tersebut pada Kamis (27/07), seraya meminta dukungan dan pengertian publik.

Bo-hyun adalah model dan aktor Korea Selatan yang tampil dalam serial drama populer seperti Itaewon Class dan Yumi's Cells.

Walau beberapa tahun terakhir sejumlah anggota grup terkenal seperti EXO dan Twice telah go public dengan mengumumkan pasangan mereka, pengumuman ini tetap tidak biasa karena bintang K-pop papan atas jarang mengungkap banyak hal tentang kehidupan pribadi mereka.

Satu dekade yang lalu, lumrah bagi agensi untuk melarang bintang baru berpacaran atau bahkan memiliki ponsel pribadi. Setiap pengakuan tentang hubungan romantis atau pasangan adalah skandal bagi penggemar.

Idola yang menjalin hubungan asmara bisa jadi "buruk untuk bisnis", menurut sosiolog Patrick Williams dari Nanyang Technological University di Singapura.

"Mereka ingin 'menjual' idola yang tampaknya, setidaknya dalam imajinasi, bisa didapatkan secara romantis. Fans dapat membayangkan diri mereka berada dalam beberapa bentuk hubungan sosial dengan idola ini," kata Dr Williams.

Tetapi Jisoo, vokalis utama kuartet Blackpink, bukan bintang K-pop biasa.

Blackpink adalah salah satu grup musik paling populer di dunia saat ini. Mereka telah membintangi festival musik besar seperti Coachella dan menarik puluhan ribu orang ke konser mereka. Akun Instagram masing-masing anggota mereka memiliki 73 juta hingga 93 juta pengikut.

Walaupun begitu, Jisoo adalah anggota pertama Blackpink yang mengakui bahwa dia berada dalam hubungan romantis. Agensi mereka, YG Entertainment, sebelumnya membantah atau menolak untuk mengomentari rumor seputar hubungan anggota grup.

Walau para penggemar Blackpink umumnya bereaksi positif - sebuah komentar di akun Instagram Jisoo yang berbunyi "Selamat BABY" telah disukai lebih dari 3.000 kali - pengakuan ini tetap tidak biasa.

"Fakta bahwa dia sedang berada di ... puncak karirnya sekarang, saya pikir itulah yang membuatnya tidak biasa," kata Rob Schwartz, koresponden Asia untuk Billboard.

Sebagai perbandingan, tidak ada anggota BTS - bisa dibilang boyband paling populer di dunia - yang pernah mengakui bahwa mereka berkencan dengan siapa pun.

Ada alasan bagus untuk berhati-hati.

Pada tahun 2019, bintang K-pop besar Kang Daniel dan Jihyo memicu reaksi keras dari beberapa penggemar ketika hubungan mereka diungkap oleh media Korea. Penggemar yang marah melampiaskannya pada seorang selebritas lain, yang dikabarkan menjadi mak comblang mereka, dengan meninggalkan pesan ancaman untuknya di media sosial.

Tetapi Schwartz mengatakan bahwa hubungan baru Jisoo adalah tanda bahwa seiring semakin banyak band K-pop muncul di panggung internasional, "industri internasional yang super kuat" itu mulai berubah: "Kita bahkan bisa bilang bahwa industri ini menjadi lebih matang."

Dr Williams juga menganggap bahwa status internasional bintang-bintang seperti Jisoo memberi mereka kebebasan yang lebih besar: "Saya pikir mereka mulai cukup percaya diri untuk melawan beberapa dimensi yang selama ini membatasi [industri K-pop]". (*)

Tags : Jisoo Blackpink, Jisoo Punya Pacar, Jisoo Mengguncang Industri K-pop, hiburan, musik, Korea Selatan,