Headline Riau   2023/09/10 11:33 WIB

Kabut Tebal Selimuti Pekanbaru, yang Diprediksi Cuaca Cerah Hingga Sore nanti

Kabut Tebal Selimuti Pekanbaru, yang Diprediksi Cuaca Cerah Hingga Sore nanti

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kabut tebal selimuti Pekanbaru, Riau yang diprediksi cuaca cerah hingga sore nanti. Ada potensi diguyur hujan intensitas sedang, Minggu 10 September 2023 ini.

"BMKG memprediksi hujan yang mengguyur tidak merata."

"Pagi hingga siang hari tidak ada potensi hujan, cuaca cerah berawan-berawan," kata Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Bibin Sulistianto, Minggu (10/9).

Selain itu, pagi ini juga sejumlah wilayah di Riau diselimuti kabut tebal, terutama di Kota Pekanbaru hingga mengakibatkan kurangnya jarak pandang, hanya sekitar 200 meter.

Perubahan cuaca masih dapat berganti.

"Sore hingga malam hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah rokan hulu, rokan hilir, kampar, siak, bengkalis, pelalawan, indragiri hulu, indragiri hilir dan Kuansing," sambungnya.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0,5-1,25 meter, masih rendah.

Kabut tebal menyelimuti Kota Pekanbaru, Minggu (10/9/2023) pagi. Tampak kabut terjadi sejak dini hari dan bahkan menyebabkan jarak pandang terbatas.

Hasil pantauan BMKG, jarak pandang di Kota Pekanbaru bahkan hanya sejauh 200 meter. Kondisi ini juga terjadi di beberapa kabupaten di Riau.

Seperti di Kabupaten Indragiri Hulu, jarak pandang hanya sejauh 300 meter, Pelalawan 2 km dan Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar sejauh 5 km.

Terkait kondisi ini, Kepala BMKG Riau, Ramlan menjelaskan, kabut yang terjadi di Kota Pekanbaru dan beberapa wilayah lain di Riau bukan kabut asap.

"Pemandangan udara kabur dipagi hari adalah hal yang lumrah setiap hari. Apa yang kita lihat pagi ini bukalah kabut asap. Hal yang demikian kita sebut udara kabur, yakni mist atau haze," kata Ramlan.

"Udara kabur yang terjadi pagi ini disebabkan embun pagi karena kelembaban udara dipermukaan yang tinggi sehingga partikel udara bergerak lambat dan berat. Namun seiring timbulnya sinar matahari, kondisi ini mulai terurai dan terangkat ke udara bagian atas," pungkasnya. (*)

Tags : kabut tebal, pekanbaru, kabut tebal selimuti pekanbaru, cuaca diprediksi cerah hingga sore di riau,