Pekanbaru   2023/09/10 11:26 WIB

Sekda Indra Pomi Nasution Wakili Pj Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Kemendagri

Sekda Indra Pomi Nasution Wakili Pj Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Kemendagri
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution bersama empat kabupaten/kota menerima penghargaan dari Kemendagri atas partisipasi pembagian 10 juta Bendera saat momen HUT ke-78 RI

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas dukungan dalam gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tahun 2023.

"Sekda Indra Pomi Nasution Wakili Pj Walikota Pekanbaru menerima penghargaan dari Kemendagri."

"Ini sebagai bentuk penghargaan dari Kemendagri yang dianggap menyukseskan kegiatan pembagian 10 juta bendera, ada beberapa kriteria yang dibuat Kemendagri, dan kita tidak tau, sehingga kita terpilih satu diantara lima walikota yang ada di indonesia," kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, Syoffaizal.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun yang diwakili Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution di Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023).

Penghargaan itu diberikan Kemendagri kepada 19 gubernur dan walikota/bupati se-Indonesia. Dimana, penghargaan itu diberikan kepada lima provinsi, lima kota dan sembilan kabupaten.

Lima kota yang mendapatkan penghargaan dari Kemendagri tersebut yakni, Kota Pekanbaru, Lhokseumawe, Banjar, Tanggerang dan Semarang.

Syoffaizal mengatakan, penghargaan ini diberikan oleh Kemendagri kepada daerah yang turut menyukseskan pembagian bendera merah putih dalam peringatan HUT ke-78 RI 2023.

Kemendagri memberikan penghargaan kepada 19 kepala daerah level gubernur dan walikota/bupati. Ia menyebut, Pekanbaru menjadi salah satu kota yang terbaik dalam gerakan pembagian 10 juta bendera tersebut. Ada sekitar 10 ribu lebih bendera merah putih yang dibagikan Pemko Pekanbaru tahun ini.

Untuk di Pulau Sumatera hanya Kota Pekanbaru dan Lhokseumawe yang mendapat penghargaan tersebut. Ia menilai, penghargaan yang diberikan Kemendagri sebagai bentuk motivasi agar Kota Pekanbaru lebih baik kedepannya.

Ia berharap, dengan penghargaan itu, Kota Pekanbaru lebih baik lagi kedepannya. Sehingga, penghargaan itu bisa didapatkan Kota Pekanbaru setiap tahunnya.

Dalam laporan ke Kemendagri kata Syoffaizal, Pemko Pekanbaru juga memberikan dokumentasi berupa video dan foto. Karena itu, mungkin itu adalah salah satu penunjang Kota Pekanbaru mendapatkan penghargaan tersebut.

"Mungkin kita ada bendera besar, kemudian kita tampilkan video, foto-foto serta laporan tertulis juga. Alhamdulillah pekanbaru ternyata untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan dari Kemendagri," ungkapnya.

Diketahui juga, selain lima kota yang mendapat penghargaan tersebut, ada lima provinsi dan lima kabupaten yang sama-sama mendapatkan itu. Lima provinsi yang mendapatkan penghargaan itu di antaranya, Provinsi Papua Barat Daya, Kepulauan Bangka Belitung, Jatim, Bengkulu dan Jambi.

Sementara sembilan bupati yang menerima penghargaan itu yakni, Kabupaten Natuna, Mappi, Yapen, Buol, Maluku Tenggara, Purbalingga, Belu, Karo dan Bulukumba.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wamendagri RI John Wempi Wetipo. Turut hadir Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Drajat Wisnu Setyawan Risnandar Mahiwa.

Kemudian Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Deputi IV BIN, Pamen Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam), Pamen Mabesad, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nst Mewakili Walikota Pekanbaru Muflihun, Bupati/Wakil Bupati/Walikota, Kaban Kesbangpol Provinsi dan kabupaten/kota. (*)

Tags : penghargaan dari kemendagri, pekanbaru, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih, sekda indra pomi nasution terima penghargaan dari kemendagri,