News Daerah   2021/09/05 12:30 WIB

Kades Beringin Jaya Antonius Wahyu Ninggrat Menghilang, Juga 'Memboyong Anak dan Istri'

Kades Beringin Jaya Antonius Wahyu Ninggrat Menghilang, Juga 'Memboyong Anak dan Istri'

TELUK KUANTAN - Kepala Desa [Kades] Beringin Jaya, Antonius Wahyu Ninggrat menghilang dengan memboyong istri dan anknya sejak 7 Juni 2021 lalu sampai kini tidak diketahui keberadaanya.

Sebelumnya, kisah Kades ini Camat Singingi Hilir dan Pemerintahan Desa setempat ada menerima surat pengunduran diri sang Kades yang dititipkan disebuah warung. "Siapa yang mengantar surat pengunduran diri kita juga tidak tahu. Surat pengunduran diri Kades tersebut diterima pak Camat satu minggu lalu. Kalau di Beringin Jaya suratnya dititip di salah satu warung," kata Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kecamatan Singingi Hilir, Joni padamedia, Jumat (2/7) kemarin.

Diakui Joni, sampai kini belum ada yang mengetahui keberadaan sang Kades. Baik perangkat desa, BPD, pihak keluarga dan adik-adiknya juga tidak ada yang tahu kebedaraan sang Kades. "Jadi kita sudah datang lagi ke Desa Beringin Jaya mengumpulkan semua perangkat desa, BPD, keluarga pak Kades dan adik-adiknya juga hadir, tapi mereka tidak tahu sampai sekarang kabar ke mana pergi kades tersebut juga tidak diketahui," kata Joni.

Badan Pemberdayaan Desa (BPD) bersama perangkat desa sudah sepakat dan bahwa Kades Beringin Jaya tidak berada di tempat. "Ini akan segera kami laporkan kepada pak Bupati terkait bagaimana tindak lanjut penyelenggaraan pemerintahan desa nantinya," katanya.

Pihak Kecamatan juga sudah menunjuk Pelaksana harian (Plh) Kepala Desa, agar pemerintahan desa tetap berjalan. "Untuk sementara agar pemerintahan tetap berjalan sudah ditunjuk oleh Pak Camat Plh Kades," katanya.

Pihak Kecamatan telah mengkonfirmasi kepada pihak keluarga tentang tulisan dalam surat pengunduran diri tersebut. Pihak keluarga Kades tulisannya persis sama, tapi sejauh itu tidak diketahu siapa yang mengantarnya. Bunyi surat tersebut, dengan ini menyadari kalau Dia tidak mampu lagi dan mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa karena tidak mampu memajukan desa. "Buyinya seperti itu, dan surat itu ada tandatangan, tapi kita tidak bisa memastikan apakah memang itu dari yang bersangkutan," kata Joni.

Rapat yang dihadiri pihak keluarga (Jumat, red), pihak kecamatan juga sempat menanyakan apakah pihak keluarga akan melaporkan kalau keluarganya menghilang secara tiba-tiba ini. "Kami pun sudah menanyakan paka pihak keluarga apakah akan lapor ke polisi, tapi tidak ada jawaban. Kita memang menyarankan agar segera dilaporkan ke polisi karena sampai kini tidak tahu keberadaannya," katanya.

Kades tersebut pergi dari rumah menggunakan sepeda motor dengan membonceng istri dan dua anaknya. "Izinnya sejak tanggal 6 Juni 2021 lalu kepada perangkat desa. Sejak tanggal 7 Juni 2021 tak masuk lagi ke kantor. Dihubungi nomor teleponnya tak aktif," kata Joni.

Pihak kecamatan kata Joni mendapatkan laporan kalau Kades tidak masuk-masuk kantor setelah sang Kades satu minggu tidak memberi kabar dan tidak masuk-masuk ke kantor. "Satu minggu setelah beliau pergi baru perangkat desa melaporkan kepada kita kalau Kades mereka tak masuk-masuk kantor," katanya. (*)

Tags : Kades Beringin Jaya Antonius Wahyu Ninggrat Menghilang, Kuansing, Riau, Kades Boyong Istri dan Anak Menghilang,