Artikel   2024/10/08 10:33 WIB

Kampanye Pilkada 2024: Cagubri Syamsuar Perhatikan Pertumbuhan Koperasi, 'yang Terus Dipacu Produksi Minyak Goreng untuk Penuhi Kebutuhan Warga'

Kampanye Pilkada 2024: Cagubri Syamsuar Perhatikan Pertumbuhan Koperasi, 'yang Terus Dipacu Produksi Minyak Goreng untuk Penuhi Kebutuhan Warga'
Dalam kampanyenya Cagub Riau Syamsuar sampaikan soal beasiswa dan perbaikan infrasturktur.

KOPERASI TUNAS MUDA di Desa Teluk Merbau kecamatan Kampung Dalam Kabupaten Siak, Riau yang memproduksi minyak goreng dari bahan kelapa sawit maju pesat berkat perhatian Calon Gubernur Riau (Cagubri) Drs H Syamsuar M.Si.

"Cagubri Syamsuar nomor urut 3 menunjukkan perhatian besar terhadap sektor koperasi di provinsi Riau."

“Kita perlu mendorong lebih banyak koperasi seperti Koperasi Tunas Muda untuk berinovasi dan meningkatkan kapasitas produksi. Dengan demikian, masyarakat bisa menikmati harga minyak goreng yang lebih terjangkau sekaligus menciptakan lapangan kerja baru,” kata Syamsuar disela-sela jadwal kampanyenya di Kabupaten Siak, Minggu (6/10).

Dalam upaya memperkuat ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat, Cagubri-Cawagubri Syamsuar-Mawardi Saleh nomor urut 3 ini terus menunjukkan perhatian besar terhadap sektor koperasi di provinsi Riau.

Perhatian ini ditunjukkannya saat beliau menjabat Bupati Siak dua periode dan Gubernur periode 2019-2024.

Salah satu koperasi yang merasakan dampak positif dari dukungan ini adalah Koperasi Tunas Muda yang berada di Desa Teluk Merbau kecamatan Kampung Dalam Kabupaten Siak, yang kini berhasil mendirikan pabrik minyak goreng Mikro serta memproduksinya secara mandiri.

Syamsuar, dikenal sebagai pemimpin yang peduli dengan kesejahteraan masyarakat menyempatkan waktu mengunjungi koperasi Tunas muda mendengarkan langsung proses produksi minyak goreng yang dikelola oleh koperasi Tunas Muda.

Dalam kunjungannya, ia menekankan pentingnya koperasi sebagai tulang punggung ekonomi rakyat, terutama dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Syamsuar juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung pertumbuhan sektor koperasi dan UMKM di Riau lima tahun kedepan.

Didalam 15 komitmen kerja Pasangan Syamsuar-Mawardi sebagai gubernur salah satunya adalah memperkuat ketahanan pangan.

“Ekonomi kerakyatan harus menjadi prioritas. Dengan memberdayakan koperasi dan UMKM, kita tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga memperkuat ketahanan ekonomi daerah,” ungkapnya.

Dengan adanya dukungan tersebut, Koperasi Tunas Muda diharapkan dapat menjadi contoh bagi koperasi lain di Riau untuk terus berkembang dan berinovasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Koperasi Tunas Muda sendiri sebelumnya menghadapi kendala dan lesu.Terutama terkait permodalan dan akses pasar.

Berkat perhatian Syamsuar yang membantu memfasilitasi untuk pembinaan dengan pemerintah daerah dan pihak terkait, koperasi ini kini bangkit dengan berinovasi membuat pabrik minyak goreng Mikro.

“Kami sangat bersyukur atas perhatian Pak Syamsuar. Berkat bantuan beliau, koperasi kami kini bisa memproduksi minyak goreng lebih banyak dan berkualitas. Ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi kami, karena dapat berkontribusi pada ekonomi daerah,” ungkap Setiyono ketua Koperasi Tunas Muda juga ketua umum Aspekpir.

Dijelaskan Setiyono Pabrik minyak goreng Mikro ini nanti akan mengelola 20 ton buah sawit dan akan menghasilkan 3,5 ton minyak goreng perhari. (*)

Tags : kampanye pilkada 2024, paslon syamsuar-mawardi saleh, suwai, paslon nomor urut 3, paslon suwai perhatikan pertumbuhan koperasi di riau, Artikel,