Headline Riau   2022/06/19 12:55 WIB

Kapolda Riau Sandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri, Irjen Pol Muhammad Iqbal: Ini Anugerah

Kapolda Riau Sandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri, Irjen Pol Muhammad Iqbal: Ini Anugerah
Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal resmi sandang gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri dari LAMR Dumai.

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal memperoleh anugerah dengan menerima gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Dumai.

PEKABARU - Kapolda Riau Irjen Pol Mohamad Iqbal resmi menyandang gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai. Penabalan gelar adat dilaksanakan di gedung LAMR Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh pada Jumat 17Juni 2022 kemarin.

Penabalan gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohamad Iqbal ini berjalan khidmat dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar, Pimpinan DPRD Riau, Walikota Dumai H Paisal, Ketua LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syahruddin, Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid, Dandim 0320/Dumai Letkol (Arh) Hermansyah Tarigan dan tamu undangan.

Pada acara adat tersebut Ketua LAMR Kota Dumai, Datuk Seri Syahruddin Husin memimpin langsung proses penabalan gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri, kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal mengaku sangat bahagia diberikan gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri ?oleh Majelis penabalan gelar LAMR Kota Dumai.

"Saya sangat bersyukur dan sangat bahagia dengan penabalan gelar adat oleh LAMR Kota Dumai, dan ini merupakan anugerah yang diberikan kepada saya dan keluarga saya," katanya.

Ia menambahkan, Dumai sudah seperti rumah bagi dirinya karena pada 2003 dan 2004, Ia pernah bertugas di Polres Dumai, sebagai Wakapolres Dumai.

"Gelar ini merupakan amanah bagi saya dan saya akan menjalankan amanah ini sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri," sebutnya.

Irjen Pol M Iqbal menjelaskan, dengan telah diberikannya gelar adat ini, dirinya akan semaksimal mungkin memberikan rasa aman dan kodusif kepada masyarakat Riau, khususnya Dumai.

Dirinya juga meminta tunjuk ajar dari para tokoh adat dan masyarakat dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya.

Karena gelar adat ini merupakan amanah, tingkah laku kedepan harus disesuaikan dengan gelar yang disematkan

"Intinya saya sangat bahagia dan bangga dengan gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri, terimakasih LAMR Kota Dumai, seluruh masyarakat Dumai dan Riau," ucapnya.

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan, penabalan gelar adat ini merupakan hasil permufakatan yang berkaitan dengan tugas negara dan kepemimpinannya.

"Banyak budi dan baktinya yang telah ditorehkan kepada negara," sebut Syamsua.

"Keberhasilan dan kepiawaian beliau juga sudah kita lihat dalam memimpin Polda Riau. Kami atas nama Pemprov Riau mengucapkan tahniah kepada Kapolda Riau atas penabalan adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri, semoga gelar ini dapat membawa berkah bagi kita semua khususnya bagi masyarakat Riau," sebut Gubri. (*)

Tags : Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Sandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri, KapoldaRiau Diberi Anugerah LAMR,