Headline Pekanbaru   2022/06/19 12:42 WIB

Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai Dimulai, 'Tahap I Dianggarkan Rp3 M'

Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai Dimulai, 'Tahap I Dianggarkan Rp3 M'
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH

PEKANBARU - Pembangunan Kantor Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Marpoyan Damai,Pekanbaru kini dimulai, untuk tahap pertama dianggarkan Rp3 miliar.

"Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai Pekanbaru tak bisa ditawar-tawar lagi."

"Di sini (Marpoyan Damai), salah satu pusat perekonomian yang ada di Kota Pekanbaru termasuk kecamatan terpadat," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH, Jumat (17/6).

Pembangunan Kantor Polsek Marpoyan Damai suatu hal yang tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya Marpoyan Damai merupakan kecamatan padat penduduk, kata Pria Budi usai peletakan batu pertama pembangunan Kantor Polsek Marpoyan Damai.

"Makin banyak manusia di sini, makin banyaklah persoalan yang timbul, istilah kami itu 'police hazard', setiap itu harus ada kehadiran polri," sebutnya.

Terkait pembangunan Kantor Polsek Marpoyan Damai yang menggunakan dana APBD Pemko Pekanbaru, Kapolresta mengaku, ini merupakan wujud dari peran pemerintah dalam membantu kepolisian.

"Alhamdulillah, ini wujud dari peran serta dari Pemko Pekanbaru membantu kami pihak kepolisian dalam hal sarana dan prasarana," katanya.

Ia menyebut, dengan bantuan Pemko Pekanbaru ini dapat mendukung terlaksananya tugas-tugas kepolisian. Bahkan pihaknya pun menjamin jika kantor ini selesai, maka tujuan dari pelayanan kepada masyarakat pasti akan lebih maksimal.

"Sekarang Polsubsektor Marpoyan Damai masih dalam ruko. Masyarakat tidak tahu, kalau sudah dibangun dengan begitu megah, maka jangan dianggap ini rumah polisi tapi rumah masyarakat juga, banyak masyarakat nanti minta pelayanan polri," ungkapnya.

"Untuk itu kami berterimakasih kepada Pj Walikota dan jajaran Pemko Pekanbaru yang nantinya akan menghibahkan bangunan Polsek Marpoyan Damai," pungkasnya.

Sementara Pemko Pekanbaru menganggarkan Rp3 miliar untuk pembangunan tahap I Kantor Polsek Marpoyan Damai di Jalan Arifin Ahmad dengan sistem hibah yang nantinya diberikan kepada Polresta Pekanbaru.

"Pembangunan Kantor Polsek Marpoyan Damai ini merupakan wujud sinergitas Pemko Pekanbaru dengan Polresta Pekanbaru. Ini wujud kerja sama kita, sinergitas kita, kita anggarkan di APBD sistem hibah," ungkapkan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Polsek Marpoyan Damai.

Menurutnya, pembangunan ini akan diangsur dalam dua kali APBD Pemko Pekanbaru. "Ini (pembangunan) tidak sekaligus dibangun, tapi kita cicil, mungkin bisa jadi dua kali APBD," ungkapnya.

Pada pembangunan tahap I ini Pemko Pekanbaru menganggarkan sekitar Rp3miliar. Sementara untuk tahap II akan dilanjutkan dengan APBD berikutnya. "Memang ini tidak sekaligus, karena biayanya besar, mungkin dua kali APBD," jelasnya.

Ia berharap semua kantor di Pekanbaru dibangun dengan baik, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Termasuk 3 kecamatan pemekaran yang belum memiliki kantor.

Ia juga menyebut, Pemko Pekanbaru tidak hanya membantu Polresta saja, namun juga melakukan pembangunan terhadap gedung Kejari Pekanbaru dan Kodim.

"Intinya ini memang sengaja kita bangun, bukan hanya Polresta, Kejari pernah kita bangun, Kodim kita juga pernah bangun kantor, artinya semua muspida akan kita coba bangun demi kenyamanan agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkasnya. (*)

Tags : Pembangunan Mapolsek Marpoyan Damai, Pekanbaru, Dimulai, Kantor Mapolsek Marpoyan Damai Dianggarkan Rp3 M,