News Daerah   2021/03/01 16:29 WIB

Kapolres Kepulauan Meranti Turun Langsung Padamkan Lahan Terbakar

Kapolres Kepulauan Meranti Turun Langsung Padamkan Lahan Terbakar
Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk turun tangan langsung memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan lahan masyarakat yang ada di Rangsang

SELATPANJANG - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk turun tangan langsung memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan lahan masyarakat yang ada di Desa Tenggayun Raya dan Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir.

Kapolres didampingi, Wakapolres, Kompol Nipwin Bonar Hutabarat, para Kasat juga turut terlibat langsung melakukan pemadaman api dibantu personel dari Koramil 02 Tebingtinggi dan masyarakat setempat. Kapolres ikut memikul selang air bersama anggotanya secara bergantian. Api yang berkobar tidak menyurutkan semangat perwira kepolisian itu untuk melakukan upaya pemadaman. "Kita tidak main-main soal kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Siapapun pelakunya bila terbukti membakar hutan dan lahan pada musim kemarau akan kita proses sesuai hukum yang berlaku," kata Eko Wimpiyanto Hardjito pada wartawan, Minggu (28/2).

Tim yang berangkat dari Pelabuhan Satpolair Polres Kepulauan Meranti itu dibagi dua regu dan sebanyak 50 personil dalam upaya pemadaman itu. Kapolres menyatakan, pada situasi kemarau saat ini masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan dengan sembarangan apalagi tanpa pengawasan, karena itu bisa berbahaya. Dia juga mengatakan akan menindak tegas para pelaku pembakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. "Jika ditemukan adanya pelaku pembakaran hutan dan lahan, tetap diproses sesuai hukum yang berlaku," sebutnya. 

Turunnya Kapolres bersama dengan para Kasat dan personel TNI dan masyarakat setempat melakukan pemadaman itu sebagai bukti jika sembarangan melakukan pembakaran akan memiliki dampak yang membahayakan. "Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan membuang puntung rokok dan membakar lahan. Karena disituasi kemarau sangat rawan kebakaran hutan dan lahan. Mari kita tetap siaga dan saling membantu,” ajaknya yang terlihat lahan berhasil dipadamkan. (*)

Tags : Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, Kapolres Turun Langsung Padamkan Lahan Terbakar,