Rokan Hilir   2021/03/01 16:21 WIB

Tim Satgas Karhutla Patroli Gabungan di Bangko

Tim Satgas Karhutla Patroli Gabungan di Bangko
Tim Satgas Karhutla bersiap untuk patroli.

RIAUPAGI.COM, ROKAN HILIR - Tim Satgas Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) patroli gabungan di daerah yang dianggap rawan seperti di Jalan Seia, Kelurahan Bagan Punak, dipimpin Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH.

Tim gabungan terdiri dari tiga pilar yakni Polsek bangko, Koramil 01, Camat dan Lurah setempat menyusuri Jalan Seia yang jarak tempuhnya lebih kurang 12 kilo meter (Km). "Jika hutan terbakar akan berefek buruk bagi kesehatan dan sangat merusak lingkungan. Diharapkan masyarakat apabila melihat dan mengetahui adanya titik api untuk segera melaporkan kepada Polsek bangko ataupun kepada perangkat kepenghuluan agar secepatnya dapat diatasi," pintanya, Senin (1/3). 

Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH didampingi Pasi Humasnya, Bripka Puji Anton Nugroho. Membenarkan sembari pelaku pembakar lahan dapat dihukum pidana.. Sedangkan kegiatan patroli gabungan kali ini menerjunkan 28 personel yang terdiri Polsek Bangko 15 orang, Koramil 01/Bangko 6 orang, Kecamatan Bangko 4 orang, dan Kelurahan Bagan Punak dan MPA sebanyak 3 orang.

Dalam pelaksanaannya, Tim Patroli Gabungan juga membawa perkengkapan pemadaman lengkap berupa mesin mini straiker. Dimana patroli hanya bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sepanjang 3Km. Tim patroli juga memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. "Mari bersama kita jaga hutan, jangan membuka lahan dengan membakar, struktur tanah gambut kering sangat memudahkan api untuk menjalar," pesan Sasli Rais. (rp.muf/*)

Tags : Tim Satgas Karhutla, Rohil, Patroli Gabungan di Bangko,