Rokan Hilir   2020/08/05 05:25:00 PM WIB

Kapolsek Kompol YE Bambang Bebaskan Pengemis dari 'Cengkraman Maut'

Kapolsek Kompol YE Bambang Bebaskan Pengemis dari 'Cengkraman Maut'

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com - Kapolsek Tanah Putih Kompol YE Bambang D.SH seketika tertuju perhatiannya terhadap seorang pengemis Sadino [63] yang mnederita penyakit Asma dan untuk berjalan saja pun sudah sulit. Ia sudah lama ditinggal oleh istrinya yang kini tinggal sendiri disebuah rumah yang kondisinya memprihatinkan.

"Pak Sadiono tinggal seorang diri di sebuah rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan, jauh dari pemukiman masyarakat, jauh dari sumber air bersih, dan tidak diterangi lampu listrik, ditambah rumah yang ditempati berada di jalan Putri Hijau Kepenghuluan Sintong Kilomter 5 Kecamatan Tanah Putih Rohil dengan kontrakan [Rp.100.000/bulan]. Kami turut prihatin ya melihatnya," kata Kapolsek Tanah Putih Kompol YE Bambang D SH melalui What's App [WA] nya tadi, Rabu [5/8/2020]. 

Perhatian Polri Resor [Rohil] Kapolsek Tanah Putih ini mendapat apresiasi dari warga Rohil. Kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan Polri mendapat perhatian, seorang pengemis Sadino kini berlega dada, Ia selamat dari 'cengkraman maut' [yang hidupnya berantakan, kadang makan kadang juga tidak] di sebuah desa terpencil. Diterangkan Kapolsek, Sadiono pernah menikah dan memiliki seorang anak, kemudian ditinggalkan oleh istri dan anaknya karena kondisi penyakit Asma yang di derita, "jadinya kerja pun serabutan," ulas Kapolsek. 

Yang Ia bisa lakukan sebagai pengemis, kondisi fisiknya yang tak mampu lagi bekerja seperti kebanyakan orang, "lantas Ia hanya mampu datang dari rumah kerumah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi pak Sadino sengaja mengemis ditempat luar daerah dengan menggunakan sepeda dayung, itu yang saya peroleh informasinya," jelas Kapolsek YE Bambang D SH lagi.

"Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Sintong, Brigadir V Simbolon melaporkan perihal tersebut kepada saya [Kapolsek Tanah Putih]. Setelah mendapatkan informasi tersebut saya di dampingi beberapa orang personil  melakukan kunjungan kerumah Sadiono untuk kita berikan bantuan sembako."

Kompol YE Bambang D SH menambahkan, melihat kondisi pak Sadino kami berensiatif untuk mencari dan menyewakan rumah kontrakan yang lebih layak dan tidak jauh dari pemukiman masyarakat, "ini supaya pak Sadino bisa merasa aman karena banyak tetangga, dan bisa tetap memperbaiki kesehatannya, serta dapat hidup lebih sehat dengan situasi lingkungan yang bersih," sebut Kapolsek.

Pada hari Sabtu [1/8/2020] Kapolsek Tanah Putih bersama personil Polsek Tanah Putih, dibantu warga bergotong royong memindahkan pak Sadino ke tempat tinggal yang baru, yaitu di kilometer 4 Kepenghuluan Sintong, Kecamatan Tanah Putih, Rohil. Selain menyiapkan kelengkapan tidur dan kebutuhan sehari hari, juga memanggil tenaga medis untuk memeriksa kesehatan dan memberikan pengobatan penyakit asma yang diderita pak Sadino.

"Saya koordinasi dengan Penghulu Sintong agar bisa diterbitkan surat keterangan domisili pak Sadino, guna pengurusan Kartu Sehat, agar dapat digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan terdekat dengan mudah. Selain memperhatikan kesehatan pak Sadino, Polsek Tanah Putih juga berupaya dan merencanakan memberikan  pekerjaan untuk bisa merubah nasibnya yang selama ini tak tentu arah dan hiduppun sebatang kara. Kita sedang mencarikan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam, guna merubah nasib hidup pak Sadino. Setidaknya bisa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri," papar YE Bambang D SH dengan penuh rasa perhatian. 

Penulis: Aminuddin 
Editor: Abdulah Sani

Tags : Kapolsek Tanah Putih, Kompol YE Bambang D.SH, Kapolsek Bantu Pengemis, Rohil ,