Headline Pekanbaru   2022/05/31 7:58 WIB

Pj Walikota Muflihun Tinjau Sungai Batak dan Sail, 'untuk Mempelajari Penyebab Banjir'

 Pj Walikota Muflihun Tinjau Sungai Batak dan Sail, 'untuk Mempelajari Penyebab Banjir'
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun didampingi Kepala Dinas PUPR Indra Pomi Nasution dan pejabat lainya meninjau langsung sejumlah titik rawan banjir di Kota Pekanbaru

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun meninjau langsung Sungai Batak dan Sungai Sail di Kecamatan Sail.

"Pj Walikota Muflihun meninjau Sungai Batak dan Sungai Sail untuk mempelajari penyebab banjir."

"Kami memantau langsung titik banjir ini, kami mempelajari apa penyebabnya," kata Pj Walikota Pekanbaru Muflihun didampingi Sekdako Muhammad Jamil, Kadis PUPR Indra Pomi Nasution dan Kepala Bapeda Ahmad, Senin (30/5).

Sungai Batak yang bermuara langsung ke Sungai Sail selama ini dikeluhkan warga setempat. Tetapi menurut Muflihun, banjir tidak hanya terjadi di kawasan Sungai Sail.

"Titik banjir lainnya menyebar di wilayah Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya," kata dia.

Ia menyatakan berupaya segera menuntaskan permasalahan banjir ini. Langkah cepat yang dilakukan adalah upaya normalisasi. Tim dari Dinas PUPR telah melakukan normalisasi di sejumlah sungai. Seperti Sungai Sail dan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya.

"Semoga langkah ini bisa mengurangi banjir yang ada di Kota Pekanbaru," sebutnya.

Rombongan juga bergerak meninjau lokasi rawan banjir lainnya di Jalan Arifin Achmad (sekitar Rumah DPW PAN Riau) dan Jalan HR Soebrantas tepatnya di Perumahan Putri Tujuh.

Muflihun menyebut, normalisasi dilakukan karena sedimen pada sungai tersebut sudah tinggi. Ia tidak berani memasang target terkait penyelesaian masalah banjir. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) terkait penanganan banjir ini.

Karena tidak seluruhnya normalisasi sungai dilakukan oleh Pemko Pekanbaru. Ada beberapa wilayah sungai yang menjadi kewenangan BWSS.

"Kami berharap warga bisa sabar, yang jelas kami berupaya mengurangi masalah-masalah yang ada di Kota Pekanbaru," harapnya.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun melihat pada lokasi itu kerap direndam banjir saat hujan deras turun. Ia mendengar masukan dari LPM Sail. Disana Muflihun juga berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR terkait penanganan banjir.

Titik banjir lainnya menyebar di wilayah Kecamatan Tuah Madani, dan Binawidya.

Muflihun mengaku berupaya segera menuntaskan permasalahan banjir ini. Langkah cepat yang dilakukan adalah upaya normalisasi. Tim dari Dinas PUPR telah melakukan normalisasi di sejumlah sungai. Seperti Sungai Sail dan Sungai Sibam, Kecamatan Binawidya. (rp.sul/*)

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Tinjau Sungai Batak dan Sail, Bahas Penyebab Banjir,