Headline Dumai   2021/01/07 22:11 WIB

Kasus Baru Meningkat, Pemko Dumai Siapkan Anggaran Rp1,2 Miliar untuk Vaksin 

Kasus Baru Meningkat, Pemko Dumai Siapkan Anggaran Rp1,2 Miliar untuk Vaksin 
Plh Walikota Dumai, Herdi Salioso

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai siapkan anggaran Rp1,2 Miliar dari APBD Kota Dumai tahun anggaran 2021 untuk vaksinasi Covid-19.

“Anggaran untuk vaksin Covid-19 sudah kita siapkan sekitar Rp1,2 Miliar. Kami saat ini masih menunggu regulasi dan petunjuk teknis (juknis) dari Pemerintah Pusat," kata Plh Walikota Dumai, Herdi Salioso, Senin (4/1) lalu.

Anggaran tersebut, akan digunakan untuk keperluan mensukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Dumai. Anggaran tersebut akan digunakan sesuai regulasi untuk mensukseskan pelaksanaan pemberian vaksin bagi masyarakat Kota Dumai. "Anggaran tersebut akan kami gunakan untuk keperluan mensukseskan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Dumai, seperti untuk sosialisasi, pengadaan APD, alat suntik serta kebutuhan lainnya," kata Herdi.

Sebelumnya, Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai, dr Syaipul, vaksin Covid-19 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. "Sedangkan masyarakat calon penerima vaksin nantinya akan ditanya kesediaannya terlebih dahulu," sebut Syaipul.

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan serentak secara nasional pada 14 Januari 2020 mendatang, saat ini kita masih menunggu kedatangan vaksin Covid-19 dan juknisnya. Satgas Covid-19 sudah mulai melakukan pendataan sasaran pemberian vaksin Covid-19. Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Dumai dipersiapkan pelaksanaan di 10 Puskesmas dan fasilitas kesehatan bekerjasama dengan BPJS yang tersebar di tujuh kecamatan dan 33 kelurahan di kota ini. Menurutnya, vaksin ini bukan obat, namun salah satu upaya bisa melawan Covid-19 karena itu diharap program vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Semnetara Update perkembangan Covid-19 Kota Dumai, hingga Rabu 6 Januari 2021 kemarin, ada penambahan 25 kasus positif. Tiga kasus menjalani perawatan di rumah sakit dan 22 kasus menjalani isolasi mandiri. Pasien yang dinyatakan sembuh ada 2 orang. "Ada penambahan 25 kasus positif, dimana 3 kasus menjalani perawatan di Rumah Sakit dan 22 kasus menjalani isolasi mandiri. Kemudian pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini ada sebanyak 2 orang," kata dr Syaipul

Total akumulasi saat ini 2387 kasus positif dengan rincian 2186 orang sembuh, 137 orang isolasi mandiri, 26 orang rawat di rumah sakit dan 38 orang meninggal dunia. "Kami dari Pemerintah Kota Dumai melalui Satgas berharap masyarakat tetap dapat beraktifitas dan melakukan kegiatan perekonomian guna menunjang kesehateraan masyarakat," harapnya. Menurutnya, keberhasilan kegiatan perekonomian tidak aka ada, bila tidak menjalankan protokol kesehatan. "Semua harus bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan protokol kesehatan. Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri dalam menangani Covid-19 ini. Jika ingin pandemi ini cepat berlalu, maka disiplinkan menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ajaknya. (rp.ind/*) 

Tags : Plh Walikota Dumai Herdi Salioso, Kasus Baru Meningkat, Pemko Dumai Siapkan Anggaran Vaksin ,